Siap-siap Petualangan Bersepeda Jarak Jauh, Touring Sekaligus Travelling

Siap-siap Petualangan Bersepeda Jarak Jauh, Touring Sekaligus Travelling

Kadang kala sobat Avelio bosan dengan trek bersepeda yang itu-itu saja. Tak lagi merasa tertantang, bahkan sudah terbiasa dan hapal betul jalurnya. Jika sobat Avelio pernah mengalaminya, mungkin jadwal menggowes akhir pekan ini bisa diisi dengan bersepeda jarak jauh / touring sepeda.

Touring Sepeda

Apakah sobat Avelio pernah mendengar istilah long distance cycling, touring, bikepacking, atau bike travelling? Benar, istilah itu merupakan sebutan untuk nomor-nomor bersepeda jarak jauh atau touring sepeda. Umumnya dilakukan oleh para pegowes yang punya insting berpetualang dan berjiwa penjelajah sejati.

Jarak jauh berarti tak hanya bisa memakan waktu berjam-jam, tetapi juga berhari-hari bahkan lebih dari satu bulan. Dan pastinya faktor persiapan akan benar-benar menentukan kelancaran aktivitas yang satu ini.

Kondisi sepeda haruslah maksimal, begitu pula dengan perbekalan lengkap, baik keperluan pribadi maupun peralatan servis dan pendukung lainnya dalam menjalankan touring sepeda ini. Menggowes dalam durasi yang panjang membutuhkan fisik yang prima. Juga kesiapan mental untuk menghadapi berbagai situasi tak terduga di tengah perjalanan.

Persiapan Matang Sebelum Bersepeda Jarak Jauh

3 Elemen tersebut penting dipersiapkan menjelang waktu keberangkatan, yakni persiapan fisik, teknis, dan materi. Untuk lebih jelasnya, kamu perlu menyimak beberapa poin persiapan berikut ini.

1. Persiapan Fisik dan Mental

Kondisi fisik prima mutlak dibutuhkan sebelum kamu berangkat touring atau traveling bersepeda. Pasalnya jarak yang jauh akan menuntut organ tubuhmu bekerja lebih keras, dan otomatis kamu mengeluarkan tenaga ekstra.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kondisi fisik sobat Avelio sebelum dan saat melakukan touring.

2. Latihan Fisik

Beberapa minggu sebelum touring sepeda, ada baiknya kamu melatih tubuh untuk beradaptasi. Pertama-tama dengan cara membiasakan diri bersepeda dengan jarak dekat. Kemudian, menambah porsi latihan dengan bersepeda dengan jarak lebih jauh. Fungsi latihan tersebut adalah agar otot tubuh kamu terbiasa untuk mengayuh pedal. Avelio pernah menyajikan program latihan bersepeda buat pemula di artikel sebelumnya.

Latihan fisik juga bisa kamu lakukan tanpa sepeda. Latihan jogging bermanfaat untuk memperkuat otot kaki, juga berenang dan nge-gym sebagai sarana untuk melatih otot tubuh. Ketiganya dapat kamu selipkan dalam menu latihan yang sedang dijalani.

3. Mengisi Cairan Tubuh

Tubuh yang terhidrasi membuatmu tak cepat lelah. Sebelum berangkat, pastikan kebutuhan cairan dalam tubuhmu tercukupi. Bila perlu konsumsilah minuman isotonik atau penambah tenaga. Tapi ingat, usahakan masih dalam kadar yang logis. Begitu pula dengan minuman berkafein. Air mineral masih jauh lebih baik daripada minuman isotonik dan sejenisnya.

Bawalah bekal air minum secukupnya untuk dikonsumsi selama perjalanan. Jika tidak, siapkan uang saku untuk membeli air mineral di tengah jalan.

4. Makanan yang seimbang dan berenergi

Asupan makanan yang baik dan seimbang sebelum dan saat melakukan touring akan membantumu memperoleh tenaga yang maksimal. Makanan yang kaya akan protein seperti telur, kacang-kacangan, daging dan ikan sangat baik dikonsumsi, karena menyimpan sumber energi buat tubuhmu.

Asupan karbohidrat pun juga perlu diperhatikan. Jangan sampai menghindarinya meskipun kamu sedang melakukan diet. Menurut seorang ahli gizi olahraga, Nancy Clark, kabohidrat mudah diubah tubuh menjadi energi, terlebih saat kamu berolahraga berat, seperti touring bersepeda jarak jauh.

5. Persiapan Mental

Sepertinya tak perlu meragukan mental sobat Avelio. Tentu saja pegowes macam sobat Avelio memiliki mental tangguh dan siap menaklukkan berbagai rintangan yang mungkin terjadi. Segala persiapan fisik dan teknis lain yang akan dijelaskan selanjutnya, bakal mendukung kesiapan mentalmu sebelum berangkat touring.

Persiapan Teknis

Tak hanya persiapan fisik, kamu juga harus membekali diri dengan perlengkapan mumpuni menjelang touring atau travelling. Perjalanan yang akan kamu lalui bakal memakan waktu panjang. Apabila timbul masalah ketika asyik menggowes, kamu sudah siap dengan segala bekal peralatan yang kamu bawa. Beberapa persiapan teknis yang perlu kamu lakukan, antara lain.

1. Cek Kondisi Sepeda

Pegowes yang baik pasti rajin mengecek kondisi sepedanya. Pemeriksaan secara berkala akan membantumu mengetahui pengaturan apa saja yang perlu dilakukan pada tungganganmu. Tak harus pergi ke bengkel, kecuali jika ada beberapa komponen yang membutuhkan penggantian atau penanganan khusus.

Pastikan drivetrain dalam kondisi prima, setiap komponen terpasang dengan kuat. Berilah pelumas secukupnya pada rantai dan gigi derailleur, juga minyak khusus untuk kabel-kabel logam pada rem dan shifter. Periksa kampas rem dan ban, gantilah dengan yang baru jika sudah tipis. Atur ketinggian sadel dan handlebar untuk mendapatkan posisi berkendara paling nyaman, agar kamu tak cepat lelah selama perjalanan..

2. Peralatan Tambal Ban

Salah satu risiko yang paling sering dihadapi saat touring sepeda adalah ban kempis. Dan bisa jadi kamu tak mungkin menemukan tukang tambal ban. Di sinilah peralatan tambal ban akan membantu meringankan penderitaanmu.

Dapatkan peralatan tambal ban di toko aksesoris sepeda terdekat di kotamu. Biasanya dijual dalam bentuk satu set, berisi pengungkit, pompa tangan, patch, dan lem. Usahakan membawa ban cadangan untuk berjaga-jaga.

Komponen Drivetrain Cadangan

Rear Derailleur (RD) Hanger merupakan komponen kecil yang terletak di ujung bawah kanan frame. RD hanger berisiko patah ketika melalui medan yang berlumpur. Lumpur dapat membuat rantai macet dan menarik RD hanger hingga patah. Membawa RD hanger cadangan bertujuan untuk mengantisipasi jika RD hanger sewaktu-waktu patah.

Jangan lupakan juga peralatan untuk menyambung rantai yang putus. Bahkan sepertinya kamu harus membawa rantai cadangan jika jarak yang akan kamu tempuh di atas 1000 km.

Toolkit

Toolkit terdiri dari berbagai kunci untuk komponen-komponen sepeda, seperti kunci L, chaintool, dan beberapa mata obeng. Simpan dalam satu kompartemen khusus bersama dengan peralatan tambal ban. Pastikan meletakkannya di lokasi yang mudah dijangkau, agar kamu tak kesulitan mencarinya dalam situasi darurat. Kamu mungkin juga akan membutuhkan cable ties untuk mengikat segala sesuatu yang diperlukan.

Persiapan Materi

Dalam hal ini, persiapan materi meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan uang saku, peralatan komunikasi, dan wawasan medan touring sepeda. Sediakan dana secukupnya, atau bawalah kartu ATM atau kartu kredit dan tempatkan dalam satu kompartemen khusus. Bawalah ponsel pintarmu untuk berjaga-jaga apabila perlu menghubungi seseorang. Selama waktu persiapan, sempatkan pula untuk mencari segala informasi mengenai jalur yang akan dilalui menuju titik finis. Termasuk kondisi cuaca, jarak tempuh, situasi jalanan, tingkat bahaya, serta seberapa berat medan yang bakal kamu hadapi saat bersepeda jarak jauh.

Previous Punya Rencana Bersepeda Malam Hari? Ini Tips & Manfaatnya
Next Panduan Cerdas Membeli Sepeda Bekas

About author

You might also like

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Avelio, Berjuang Jadi Sahabat Para Pesepeda

Pernahkah Anda menonton film Hollywood berjudul Premium Rush, yang dibintangi Joseph Gordon-Levitt? Kalau Anda hobi bersepeda dan suka memacu adrenalin dengan mengayuhnya, film ini patut disimak oleh sahabat para pesepeda.

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Downhill atau Freeride , Anda Pilih yang Mana?

Banyak pesepeda mengira bahwa downhill dan freeride itu tak ada bedanya. Memang, keduanya sama-sama dilakukan di trek ekstrem, jalanan perbukitan dan pegunungan yang umumnya curam. Otomatis, membutuhkan kepiawaian dan ketangkasan

How To 0 Comments

10 tips bersepeda rombongan

Aktivitas bersepeda haruslah menyenangkan, menyehatkan badan dan pikiran. Untuk itulah Avelio selalu hadir mendukung kenyamanan dan keamanan kamu dalam mengayuh tunggangan. Tak hanya memakai aksesoris lengkap, seperti helm, manset, dan

Diskusikan