Mengenal BIB, Jenis Celana Yang Dipakai Untuk Gowes

Mengenal BIB, Jenis Celana Yang Dipakai Untuk Gowes

Awalnya, celana pendek sepeda tradisional tidak memiliki bahu atau tali untuk mempertahankannya pada posisi yang tepat. Celana itu lebih mirip dengan celana pendek biasa yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

bib pertamaPada tahun 1930-an, seorang pesepeda Prancis bernama André Leducq dikatakan telah menciptakan model pertama celana pendek dengan bahu. Ide ini muncul ketika Leducq sedang berpartisipasi dalam Tour de France dan mengalami masalah dengan celana pendeknya yang terus bergeser selama perlombaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ia mengikatkan tali bahu pada celana pendeknya untuk menjaga celana tetap pada posisi yang tepat. Ini menjadi prototipe awal dari apa yang kemudian dikenal sebagai BIB sepeda.

Namun, meskipun ide ini muncul pada 1930-an, penggunaan BIB dalam kompetisi sepeda tidak populer pada saat itu. Alasan utamanya adalah karena sulit untuk buang air kecil dengan BIB, sehingga para pesepeda lebih memilih celana pendek biasa yang lebih praktis.

Apa Itu BIB?

BIB adalah singkatan dari “Bibshorts” atau “Bib tights” (untuk cuaca dingin). BIB adalah jenis celana pendek yang dirancang khusus untuk digunakan saat bersepeda.

Pakaian BIB terdiri dari dua bagian utama, yaitu celana pendek dan bahu yang dipasang pada celana pendek tersebut. Bagian bahu ini membantu menjaga celana pendek tetap pada posisi yang tepat tanpa perlu menggunakan ikat pinggang. BIB ini biasanya terbuat dari bahan yang elastis dan nyaman seperti Lycra atau Spandex yang membantu dalam pergerakan bebas saat bersepeda.

Keuntungan menggunakan BIB dalam olahraga sepeda adalah mereka memberikan kenyamanan ekstra dan perlindungan yang lebih baik di daerah punggung dan perut. Selain itu, dengan tidak adanya pinggang yang terbuka, BIB juga membantu mengurangi tekanan pada perut dan memberikan dukungan tambahan bagi otot inti. Mereka juga menghindari kemungkinan celana pendek bergeser atau terjatuh saat bersepeda.

Pada umumnya, para pesepeda profesional dan serius lebih memilih menggunakan BIB dibandingkan dengan celana pendek biasa karena kenyamanan dan performa yang lebih baik. Namun, penggunaan BIB masih merupakan preferensi pribadi, dan beberapa pesepeda mungkin lebih memilih celana pendek biasa berdasarkan kenyamanan dan kebutuhan pribadi mereka.

Awal Popularitas BIB Sepeda

Pada tahun 1980-an, BIB mulai mendapatkan popularitas di kalangan pesepeda profesional. Keuntungan yang ditawarkan oleh BIB, seperti kenyamanan, dukungan tambahan, dan ketahanan terhadap pergeseran, menarik minat para pesepeda. Sejak saat itu, penggunaan BIB menjadi umum di kalangan pesepeda profesional dan amatir yang mencari kenyamanan dan performa yang lebih baik.

bib sepeda avelio
Seiring berjalannya waktu, desain dan teknologi BIB terus berkembang. Bahan yang lebih baik, konstruksi yang lebih canggih, dan penambahan fitur seperti bantalan jok yang ergonomis. Semua itu telah meningkatkan kualitas dan kenyamanan BIB yang tersedia di pasaran saat ini seperti beragam varian BIB Sepeda Avelio yang kerap kali terjual habis dan banyak menjadi pilihan atlet sepeda nasional.

Previous Apa Itu Sepeda Hybrid?
Next Persepsi Kelelahan Borg

About author

You might also like

Kaus Kaki Sepeda

Udah pernah lihat Aero Sock keluaran terbaru dari Avelio? Nah Aero Sock merupakan produk kaus kaki sepeda yang dirancang untuk aktifitas bersepeda Anda. Namun pasti terbersit pertanyaan, apa sih bedanya

Ingin merakit sepeda sendiri? Ini Dia Komponen Sepeda Gunung!

Sepeda gunung, seperti jenis sepeda lainnya, terdiri dari beberapa komponen yang dirangkai sedemikian rupa untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi pengendaranya.  Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing. Nah, jika kamu masih

Harus pilih mana: Sepatu Sepeda yang Fleksibel atau Spesifik ?

Inovasi baru, Avelio EON, sepatu sepeda dibuat khusus buat spesialis All Mountain Bike dan penggemar trek berat lainnya. Pegowes sepeda gunung tentu sudah familiar dengan berbagai jenis medan berat. Ada

Diskusikan