Ini 5 jenis makanan yang tepat sebelum bersepeda tanpa bikin ngantuk

Ini 5 jenis makanan yang tepat sebelum bersepeda tanpa bikin ngantuk

Bersepeda merupakan aktivitas yang memerlukan banyak tenaga. Karenanya, kondisi tubuh haruslah prima saat menjalankannya. Selain istirahat yang cukup, asupan energi juga bisa diperoleh dari konsumsi makanan. Pada artikel ini akan Kita ulas makanan yang tepat sebelum bersepeda tanpa bikin ngantuk .

Sebelum berangkat bersepeda, usahakan sarapan terlebih dahulu. Tubuh membutuhkan energi untuk beraktivitas fisik, sehingga perlu asupan nutrisi yang bisa diperoleh dengan sarapan. Sebaiknya sobat Avelio tidak malas melakukannya, paksakan diri untuk mengisi perut bagaimanapun caranya. Jika menu sarapan di meja makan terlalu berat, kamu bisa memilih beberapa jenis makanan berikut. Sobat Avelio tetap akan mendapatkan energi maksimal tanpa perlu merasa mual akibat kekenyangan. 

5 jenis makanan yang tepat sebelum bersepeda tanpa bikin ngantuk.

 

Buah Pisang

Buah pisang selalu ada di dalam daftar makanan sehat. Tentu saja, pasalnya buah ini memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang tinggi. Rata-rata satu buah pisang mengandung sekitar 85 hingga 100 kalori dan 2,5 mg karbohidrat. Dua jenis nutrisi ini saja sudah cukup untuk menggantikan peran makanan pokok, seperti nasi, sebagai suplemen penghasil energi.

Di samping itu, kadar vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, lemak, kalsium, dan serat juga terdapat dalam buah ini. Kandungan tersebut juga berfungsi untuk membangun dan memperbaiki sel-sel otot. Pisang pun bisa diolah dengan beragam cara. Kamu bisa membuat smoothie pisang, pisang goreng, pisang rebus, pisang bakar, atau mengonsumsi buahnya secara langsung.

 

Oat

Orang Indonesia kebanyakan mengenal oat dalam bentuk sereal instan yang terbuat dari gandum. Meski mirip, oat dan gandum tidaklah sama. Oat bisa langsung dimakan tanpa diolah, sedangkan gandum harus diubah menjadi tepung terlebih dulu sebagai bahan baku roti sebelum bisa dikonsumsi.

Oat mengandung karbohidrat kompleks dengan banyak manfaat. Seratnya cukup tinggi, sehingga baik bagi kesehatan jantung dan diet. Lebih jauh lagi, jenis makanan ini juga ampuh untuk mencegah timbulnya sel kanker, menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, dan sangat disarankan bagi para penderita diabetes.

 

Roti Putih & Roti Gandum

Roti putih terbuat dari tepung terigu yang merupakan hasil penggilingan dari bagian biji gandum paling inti (endosperm). Sementara roti gandum adalah olahan dari tepung gandum yang dihasilkan dari penggilingan biji gandum utuh berikut kulitnya. Perbedaan fisik kedua jenis roti ini terlihat cukup jelas. Jika roti putih berpenampakan polos dan halus, roti gandum terlihat lebih kasar dengan butir-butiran berwarna coklat pada permukaannya.

Kedua jenis roti ini sama-sama bagus untuk dikonsumsi sebelum bersepeda. Dua-duanya mengandung karbohidrat cukup tinggi, meskipun roti putih punya lebih banyak. Tapi roti gandum dinilai lebih menyehatkan daripada roti putih. Pasalnya roti gandum memiliki kadar serat lebih tinggi, sehingga kamu akan merasa kenyang dalam waktu lebih lama. Untuk mengonsumsinya, silakan lumuri dengan selai buah atau madu sesuai selera. 

 

Buah Alpukat

Buah alpukat bakal memberikanmu rasa kenyang secara instan. Ini terjadi karena di dalamnya terdapat protein lengkap dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhanmu saat bersepeda.  Buah alpukat juga memiliki zat antiinflamasi yang dapat mencegah risiko gangguan pada tulang.

Untuk memperoleh nutrisi maksimal dari alpukat, usahakan memilih buah yang hampir matang. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara meraba dan menekan permukaannya. Jika terlalu lembek, bisa dipastikan bahwa alpukat tersebut sudah terlalu matang. Jadi pilihlah buah alpukat yang daging buahnya terasa agak keras saat dipegang.

 

Smoothie

Kalau kamu biasa minum jus buah atau sayur, cobalah smoothie. Proses pembuatannya hampir sama, tetapi untuk menjadi smoothie kamu perlu menambahkan bahan-bahan lain, seperti yoghurt, susu, madu, selai kacang, es krim, bahkan tahu sutera. Agar tidak repot, sebaiknya cari bahan-bahan yang mudah didapat dan terjangkau.

Smoothie mengandung protein lebih banyak daripada jus buah atau sayur biasa. Minuman kental ini dapat memberikan rasa kenyang dalam waktu lama, cocok dikonsumsi sebelum memulai aktivitas bersepeda.

 

Telur

Bukan seluruh bagian dari telur yang dimaksud di sini, melainkan putih telurnya saja. Mengonsumsi kuning telur pada saat sarapan bisa membuat perut kembung dan tubuh lesu. Berbeda dengan putih telur yang tidak mengandung lemak dan memiliki kadar protein hingga 4 gram untuk mengisi bahan bakar tubuhmu.

 

Snack Bar Tidak Termasuk makanan yang tepat sebelum bersepeda tanpa bikin ngantuk?

Itulah 5 jenis makanan yang tepat sebelum bersepeda tanpa bikin ngantuk. Avelio sengaja tidak merekomendasikan snack bar, seperti pada beberapa situs tentang sepeda lainnya, karena makanan jenis ini sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sarapan.

Snack bar umumnya mengandung gula dan lemak jenuh dalam kadar yang kurang baik dikonsumsi jangka panjang, apalagi dalam jumlah besar. Saran kami, konsumsilah snack bar hanya sebagai solusi untuk mengatasi rasa lapar yang tiba-tiba datang di tengah aktivitas menggowes. Maka bawalah snack bar secukupnya sebagai bekal, setidaknya satu atau dua bungkus saja. 

Previous Toko Sarung Tangan Sepeda Di Kabupaten Kapuas
Next Toko Sarung Tangan Sepeda Di Palembang

About author

You might also like

How To 0 Comments

Hindari Ban Meletus di Tengah Jalan Lewat Persiapan Berikut

Sungguh sial, ketika sedang asyik menggowes, tiba-tiba ban meletus, membuat sepeda jadi oleng. Untungnya tangan sigap dan tangkas mengendalikan stang hingga tak sampai terjatuh. Salah satunya berkat padding pada Avelio

How To 0 Comments

Hindari Ini Saat Melakukan Pemanasan

Ada beberapa hal yang harus di hindari saat melakukan pemanasan. Pemanasan yang tidak dilakukan dengan tepat ini dapat mengurangi efektifitas Anda dalam berolahraga, bahkan dapat mengakibatkan cedera.

How To 0 Comments

Most Q&A Tentang Ukuran Sepeda!

  Soal memilih ukuran sepeda, banyak orang masih kebingungan. Sudah terlanjur beli karena modelnya cocok, ternyata kurang nyaman saat digowes dalam waktu lama. Cari informasi di sana-sini, tetapi masih juga

Diskusikan