Cek Stamina Tubuh

Cek Stamina Tubuh

Stamina yang kuat dibutuhkan ketika Kita hendak melakukan aktifitas fisik berat seperti berolahraga. Bagaimana cara menentukan apakah Kita siap berolahraga? Lakukan cek stamina tubuh seperti berikut ini.

Skala Persepsi Kelelahan
Salah satu yang agak jarang digunakan untuk cek stamina tubuh adalah menggunakan  skala persepsi kelelahan Borg (RPE – Rate of Perceived Exertion) untuk mengukur seberapa keras Anda merasa bekerja. Skala ini berkisar dari 1 hingga 10, di mana 1 adalah sangat ringan dan 10 adalah sangat berat. Perhatikan bagaimana Anda merasa sebelum memulai latihan berat. Jika Anda merasa sudah kelelahan sebelum memulai, mungkin lebih baik menunda latihan berat.

Uji Fungsional Sederhana
Lakukan beberapa uji fungsional sederhana seperti squats, push-ups, atau burpees dalam jumlah terbatas. Amati seberapa mudah Anda bisa menyelesaikan latihan-latihan ini dan seberapa cepat Anda merasa kelelahan sehingga berdampak pada stamina tubuh Anda.

Monitor Detak Jantung
Gunakan monitor detak jantung untuk melihat bagaimana denyut jantung Anda saat beristirahat dan setelah pemanasan. Jika denyut jantung Anda berada di atas batas normal atau meningkat dengan cepat setelah pemanasan, ini mungkin menunjukkan bahwa stamina Anda belum siap untuk olahraga berat.

Tes VO2max
Jika Anda memiliki akses ke profesional kesehatan atau pelatih olahraga, Anda dapat melakukan tes submaksimal, seperti tes VO2max atau tes leher. Ini memberikan gambaran lebih mendalam tentang kondisi fisik Anda.

Dengarkan Tubuh Anda
Yang paling penting adalah mendengarkan tubuh Anda. Jika Anda merasa lelah, sakit, atau merasa tidak siap untuk olahraga berat, lebih baik menunda latihan tersebut. Meraba-raba perasaan Anda sendiri tentang stamina dan kesiapan tubuh dapat membantu mencegah cedera dan overtraining.

Konsultasi dengan Profesional
Jika Anda memiliki keraguan tentang stamina Anda atau rencana olahraga Anda, selalu bijak untuk berkonsultasi dengan dokter atau pelatih olahraga yang berpengalaman. Mereka dapat memberikan panduan yang lebih spesifik berdasarkan kondisi kesehatan dan tujuan Anda.

Previous Tips Memilih Sadel Sepeda
Next Mengapa Manset Sepeda Penting Saat Cuaca Panas?

About author

You might also like

How To 0 Comments

Solusi Kaki Sakit Saat Bersepeda

Kaki sakit ternyata tidak hanya dirasakan setelah bersepeda, tapi juga saat sedang bersepeda. Ketika kita sedang berhenti sejenak maka rasa sakit ini mulai lebih terasa setelah sebelumnya samar karena sedang

How To 0 Comments

Cara Upgrade Speed Sepeda Bawaan Pabrik

Ingin punya lebih banyak pilihan gear? Tentu saja kamu harus paham cara upgrade speed sepeda . Jika selama ini masih menggunakan gear set bawaan pabrik, kamu bisa melakukan upgrade sepeda

How To 0 Comments

Jalan mulus maupun pegunungan, ini cara melesat dengan selamat di jalur turunan

Pada kesempatan yang lalu, Avelio menyajikan tips bersepeda melewati jalur menanjak bagi pemula. Nah, agar semakin lengkap, Avelio akan memberikan beberapa tips lagi. Kali ini sebaliknya, yakni tips bersepeda di

Diskusikan