Punya Rencana Bersepeda Malam Hari? Ini Tips & Manfaatnya

Punya Rencana Bersepeda Malam Hari? Ini Tips & Manfaatnya

Menggowes pada siang hari memang menyehatkan, tetapi apa jadinya jika kondisi tak memungkinkan? Maka alternatifnya adalah bersepeda malam hari. Tanggung jawab yang mesti dikerjakan pada siang hari jadi tak terbengkalai. Tapi kamu tetap bisa menjaga kebugaran setelah segala kewajiban selesai.


Bersepeda malam hari mulai populer di kalangan pegowes urban. Alasannya hampir sama, banyak yang memilih menggowes di waktu gelap karena tak bisa melakukannya pada pagi atau siang hari. Umumnya penduduk kota besar bakal sibuk dengan pekerjaan setiap harinya. Maka malam hari menjadi solusi menarik untuk bersepeda, selain tentunya di hari libur atau akhir pekan.

Tips Bersepeda Malam Hari

Saat memutuskan untuk bersepada di malam hari kamu harus lebih berhati-hati. Jarak pandang yang terbatas karena penerangan yang kurang, membuat sobat Avelio dituntut untuk memiliki reflek dan peralatan penunjang sepeda yang baik. Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipersiapkan agar bersepada pada malam hari menjadi aman.

Penerangan Lampu Sepeda

Saat bersepeda, faktor penerangan menjadi sangat vital. Pasalnya, mata manusia tidak bisa merespons dengan cepat ketika berada dalam kondisi gelap, jarak pandangnya juga terbatas.
Jika rute yang akan dilalui memiliki penerangan memadai, kamu mungkin tidak memerlukan penerangan ekstra. Lampu kota sudah cukup membantumu untuk melihat kondisi medan dan sekelilingnya. Namun sebaliknya, apabila jalur yang direncanakan relatif kurang pencahayaan, maka pemasangan lampu sepeda wajib hukumnya.

Di tengah lalu lintas, penerangan kendaraan memunyai dua fungsi. Pertama agar pengendara mudah melihat jalur, sekaligus agar kendaraan mudah terlihat oleh pengguna jalan lainnya. Ini berlaku juga buat sepeda, apalagi ketika berada di jalan raya.

Untuk penerangan bagian depan, jadikan visibilitas lampu sebagai pertimbangan utama saat memilihnya. Tingkat kecerahan tinggi dan daya sorot yang lebar, cocok untuk jalanan gelap. Lampu sepeda modern umumnya menggunakan LED. Jika sobat Avelio memilih lampu jenis ini, perhatikan penempatannya secara seksama. Pendar cahaya lampu LED berpotensi menyilaukan pandangan pengendara dari arah berlawanan.

Selain itu, jangan lupa untuk memasang lampu berwarna merah di bagian belakang, agar kendaraan di belakang menyadari keberadaan sepeda yang sedang sobat Avelio kendarai. Kamu juga bisa memasang reflektor sebagai pengganti lampu belakang. Tapi pastikan reflektor tersebut mampu memantulkan cahaya dengan baik.

Kalau masih dirasa kurang, sebaiknya pakailah rompi hi-viz atau pakaian reflektif, atau baju-baju berwarna mencolok. Ada pula pesepeda yang menambahkan lampu warna-warni pada bagian ruji sepeda (spokelight). Tidak sekadar untuk mempercantik tampilan sepeda, lampu-lampu tersebut juga memiliki tujuan keamanan. Lampu jenis ini biasanya memiliki fitur nyala yang bisa disesuaikan, yakni mode berkedip cepat, lambat dan biasa.

Cek Kondisi Sepeda

Layaknya bersepeda di siang hari, mengecek kondisi sepeda secara berkala juga mutlak hukumnya. Bahkan kamu disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih intensif sebelum berangkat bersepeda di malam hari. Pasalnya tak mudah menemukan bengkel yang buka pada malam hari. Mencari bantuan pun biasanya bakal lebih sulit.

Pengecekan rem serta kondisi ban menjadi salah satu hal penting yang wajib kamu lakukan. Jangan lupakan juga rantai sepeda. Tentu kamu tak mau tiba-tiba rantai putus di tengah jalan, bukan?

Ketahui Rute

Pengetahuan rute penting untuk mencari jalur yang paling aman dan nyaman menuju lokasi tertentu. Bagi pegowes, rute terbaik pastinya adalah jalanan yang ramah sepeda.

Pilihlah rute yang ramah buat pesepeda, yaitu yang memiliki lajur khusus sepeda. Jika tidak ada, sebaiknya gunakan sisi jalan saja. Hindari pula ruas jalan protokol yang rawan macet. Karena selain suasananya yang kurang menyenangkan, macet juga membuat udara menjadi kotor. Lalu kamu juga harus tahu jalur paling mulus dan menghindari jalanan dengan kondisi aspal yang buruk. Meski penerangan cukup memadai, jalan berlubang tetap saja membahayakan.

Perlengkapan Bersepeda

Tentu saja ini tidak boleh kamu lupakan. Perlengkapan keamanan khusus pesepeda wajib kamu pakai. Tak cuma waktu malam, tetapi setiap kali kamu bersepeda. Keselamatan merupakan hal terpenting yang harus selalu kamu jaga.

Perlengkapan keamanan pegowes umumnya, meliputi helm, sarung tangan sepeda, sepatu, serta pengaman lutut dan siku. Saat memilih helm, usahakan yang berwarna terang. Kalau bisa sepatunya juga. Khusus untuk sarung tangan serta pengaman lutut dan siku, kamu tak perlu repot memilih. Avelio telah memilihkan untukmu sepasang sarung tangan, juga elbow & knee protector keren yang akan melindungimu.

Desain trendi, kombinasi warna neon betul-betul pas buat bersepeda malam hari. Keberadaanmu dapat mudah dikenali, meski di tengah kegelapan. Full-fingered untuk cuaca dingin yang tak akan membuat cengkeraman jari-jari longgar sedikitpun dari handlebar. Gowes malammu kali ini bakal terasa lebih aman dan nyaman dengan balutan perlindungan dari knee & elbow protector Avelio.
Selain perlengkapan keamanan, pastikan kamu membawa air minum untuk menghindari dehidrasi dalam perjalanan. Pakailah jaket wind proof sebagai pelindung tubuh dari angin malam. Atau jaket water proof untuk berjaga apabila sewaktu-waktu turun hujan.

Manfaat Bersepeda Malam Hari

Bersepeda saat malam hari juga baik untuk kesehatan jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Penelitian dari Clinical Research Center di Universitas Chicago menghasilkan sesuatu mengenai hal tersebut. Bahwa orang yang berolahraga usai bekerja seharian lebih mungkin memperoleh tingkat kebugaran lebih tinggi ketimbang waktu lain.

Olahraga malam juga membantu menurunkan tingkat stres dan membuat tidur malam lebih berkualitas. Apalagi jika tidak dilakukan sendirian. Menggowes bersama rekan-rekan sekomunitas bakal terasa lebih menyenangkan dan membuat pikiran lebih rileks. Dan lagi, sobat Avelio yang memperhatikan penampilan juga tak perlu kuatir kulitnya berubah menjadi gelap. Ketika bersepeda malam hari, kulit putihmu tak mungkin dapat terpapar sinar ultraviolet. Jadi kadar ketampanan atau kecantikanmu tak akan berkurang.

Previous Lampu Sepeda Dari Masa Ke Masa
Next Siap-siap Petualangan Bersepeda Jarak Jauh, Touring Sekaligus Travelling

About author

You might also like

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Mitos atau fakta, bersepeda bikin panjang umur !

Semua orang mungkin memiliki keinginan untuk bisa berumur panjang. Indahnya dunia, membuat siapa saja tak rela buru-buru meninggalkannya. Dari sekian banyak metode meningkatkan harapan hidup, cara termudah adalah dengan menjaga

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Lampu Sepeda Dari Masa Ke Masa

Generasi awal lampu sepeda akhir abad ke 18 kala itu memanfaatkan tenaga minyak paus, kemudian minyak tanah menjadikan awal dari sejarah lampu sepeda. Pada tahun 1897 senyawa gas asetilena menggantikan

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Tampil Bak Profesional dengan Avelio

Bukan cuma model saja yang bisa asyik berlenggak lenggok di atas catwalk memakai busana pilihan desainer ternama. Atlet olahraga pun bisa! Kalau tak percaya, coba tengok pesepakbola Lionel Messi atau

Diskusikan