Bersepeda Di Musim Hujan

Bersepeda Di Musim Hujan

Bersepeda adalah salah satu aktivitas fisik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Selain itu, bersepeda juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk berolahraga dan menjaga kesehatan di tengah kesibukan kita sehari-hari. Namun, bagaimana jika kita ingin bersepeda di musim hujan? Apakah ini masih aman dan menyenangkan dilakukan?

Pada artikel sebelumnya sudah dipaparkan beberapa bahaya ketika bersepeda di musim hujan, nah pada artikel kali ini akan dibagikan tips meminimalisir potensi bahaya tersebut.

Siapkan perlengkapan yang sesuai

Saat bersepeda di musim hujan, sangat penting untuk memilih perlengkapan yang tepat. Pastikan Anda memiliki jaket hujan, sepatu yang tahan air, dan celana panjang yang nyaman. Jangan lupa untuk menggunakan helm yang aman dan kacamata pelindung untuk melindungi mata Anda dari percikan air.

Pilih jalur yang tepat

Jalur yang aman untuk bersepeda di musim hujan adalah jalan yang datar dan tidak terlalu curam. Pastikan Anda mengetahui rute yang akan Anda tempuh sebelum berangkat, termasuk kondisi jalan, apakah terdapat genangan air, dan sebagainya. Hindari jalur yang berlumpur dan terlalu licin, karena ini bisa membahayakan keselamatan Anda.

Disaat hujan petir, hindari bersepeda dijalur / lokasi yang terbuka misalnya di tengah lapangan atau area persawahan. Dalam banyak kasus petir kerap menyambar di lokasi yang terbuka.

Perhatikan keamanan

Ketika bersepeda di tengah hujan, perhatikan keamanan Anda. Pastikan lampu sepeda dan bel sepeda berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan juga Anda mengenakan jersey sepeda yang mencolok atau cerah agar mudah dilihat oleh pengendara lain.

Jaga kesehatan

Pastinya memerlukan stamina yang lebih, karena Anda akan berhadapan dengan udara yang lebih dingin dan basah. Pastikan Anda telah melakukan pemanasan dan siap secara mental sebelum mulai bersepeda. Selain itu, jangan lupa untuk membawa air minum dan camilan kecil untuk menjaga stamina dan energi Anda.

Perhatikan perawatan sepeda

Saat bersepeda saat hujan hujan, sepeda Anda juga perlu perawatan yang lebih. Pastikan rantai sepeda tidak berkarat, dan Anda secara teratur membersihkan sepeda dari kotoran dan debu. Setelah bersepeda, pastikan Anda mengeringkan sepeda dan melumasi rantai.

Kesimpulan Bersepeda Di Musim Hujan

Bersepeda di musim apapun dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan jika Anda mempersiapkan diri dengan baik dan memperhatikan keselamatan Anda. Selain itu, bersepeda di kala hujan juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan kebugaran fisik Anda. Jadi, jika Anda ingin mencoba bersepeda di musim hujan, pastikan Anda siap dengan perlengkapan yang sesuai dan perhatikan keamanan Anda. Selamat bersepeda!

Previous Tips Mengajari Anak Belajar Naik Sepeda
Next Tune Up Sepeda : Ngabuburit Dirumah Saja

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/blog.avelio.com/public_html/wp-content/themes/ngetren/includes/single/post-tags-categories.php on line 7

About author

You might also like

Sportif & Bike Travel 0 Comments

5 Fakta mahal-nya Sepeda Lipat Brompton, Pegowes Wajib Tahu!

Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan sepeda brompton. Memang, tongkrongan sepeda lipat satu ini begitu unik. Sekilas seperti sepeda untuk anak-anak, padahal justru kebanyakan penggunanya adalah orang dewasa. Nah,

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Tour de Borobudur XVIII

Tanggal: 11-12 November 2018 Tempat : Borobudur, DIY CP : “Pendaftaran Kategori 100K dan 200K di Tutup Karena Kuota Peserta Sudah Terpenuhi”

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Amankah Bersepeda di Tengah Wabah Virus Corona?

Virus Corona telah menggemparkan dunia internasional. WHO menetapkan fenomena pandemik ini dalam kategori Public Health Emergency of International Concern. Artinya, setiap negara dunia wajib siaga terhadap kemungkinan makin parahnya efek

Diskusikan