Persepsi Kelelahan Borg

Persepsi Kelelahan Borg

Skala Persepsi Kelelahan Borg, juga dikenal sebagai RPE (Rate of Perceived Exertion), adalah metode subjektif yang digunakan untuk mengukur seberapa keras Anda merasa bekerja selama latihan fisik. Skala ini membantu Anda mengukur tingkat kelelahan dan intensitas olahraga Anda berdasarkan persepsi pribadi Anda. Berikut adalah cara mengukur skala persepsi kelelahan Borg.

Mengukur Skala Persepsi Kelelahan Borg

Skala RPE Borg
Skala RPE Borg biasanya berkisar dari 6 hingga 20 atau 0 hingga 10, tergantung pada versi yang digunakan. Versi yang lebih umum digunakan adalah skala 6-20, di mana angka rendah menunjukkan intensitas rendah dan angka tinggi menunjukkan intensitas tinggi. Versi 0-10 juga umum digunakan, di mana 0 adalah istirahat dan 10 adalah kelelahan maksimal.

Amati Perasaan Fisik Anda
Saat Anda berlatih, berfokuslah pada bagaimana tubuh Anda merasa. Pertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat keringat, nafas cepat atau lambat, detak jantung, dan seberapa keras Anda merasa bekerja.

Tentukan Angka RPE
Setelah Anda menyadari perasaan fisik Anda, tentukan angka RPE yang paling mendekati persepsi Anda tentang intensitas latihan saat ini. Pilih angka yang paling cocok dengan tingkat kelelahan atau kerja keras yang Anda rasakan.

Gunakan Skala RPE dengan Konteks
Ingatlah bahwa persepsi kelelahan adalah subjektif, jadi penting untuk menggunakan skala RPE dengan konteks yang sesuai. Misalnya, angka 10 pada skala RPE tidak selalu harus berarti Anda mencapai titik kelelahan fisik yang absolut. Ini lebih tentang bagaimana Anda merasa pada saat itu.

Pelajari Skala RPE Secara Bertahap
Penting untuk memahami skala RPE secara bertahap. Anda dapat melatih diri sendiri dengan membandingkan sensasi Anda selama latihan dengan angka pada skala RPE. Ini akan membantu Anda memahami dan mengukur intensitas latihan Anda seiring waktu.

 

Contoh Interpretasi Skala

Contoh skala RPE

Lattice Training

 

Berikut adalah contoh interpretasi skala RPE Borg 6-20:

6-8: Ringan hingga sedang
9-11: Sedang
12-14: Sedang hingga berat
15-17: Berat
18-20: Sangat berat

Contoh interpretasi skala RPE Borg 0-10:

0-1: Istirahat
2-3: Ringan
4-6: Sedang
7-8: Berat
9-10: Sangat berat

Ingatlah bahwa skala RPE adalah alat yang berguna untuk mengukur intensitas latihan Anda berdasarkan persepsi pribadi. Ini membantu Anda mengatur latihan sesuai dengan batas-batas tubuh Anda dan mencegah overtraining atau cedera.

Previous Mengenal BIB, Jenis Celana Yang Dipakai Untuk Gowes
Next Kadar Laktat

About author

You might also like

How To 0 Comments

Begini Cara Setting RD & FD (Rear & Front Derailleur) Gigi Sepeda yang Paling Gampang

Ada banyak pertanyaan seputar cara setting RD & FD di berbagai forum tentang sepeda. Banyak pula saran-saran dari aktivis gowes yang telah berpengalaman muncul di forum-forum tersebut. Tapi jawaban-jawaban tersebut

How To 0 Comments

Ini Penyebab Rantai Sepeda Putus & Cara Perbaikinya

Di antara komponen yang membuat sepeda bisa berjalan adalah roda dan drivetrain. Roda dapat berputar karena terhubung dengan drivetrain lewat sebuah mekanisme gerak khusus. Sementara drivetrain sendiri merupakan gabungan dari

How To 0 Comments

Segini bujet untuk merakit sepeda gunung dari nol

Sebenarnya lebih murah mana, merakit sepeda dari nol atau beli jadi? Jawabannya tentu saja tergantung seberapa tinggi kualitas komponen yang diinginkan. Tapi kamu juga bisa mengaturnya supaya menghasilkan rakitan yang

Diskusikan