Hindari Pencurian dengan Gembok  Sepeda Antimaling

Hindari Pencurian dengan Gembok Sepeda Antimaling

Hindari Pencurian dengan Gembok Sepeda Antimaling

https://hips.hearstapps.com/amv-prod-gp.s3.amazonaws.com/gearpatrol/wp-content/uploads/2017/09/Best-Bike-Locks-gear-patrol-otoo-full-lead.jpg

Awas! Sepeda mahalmu bisa saja menjadi incaran para pelaku kriminal. Kini kamu harus mulai mempertimbangkan untuk memiliki gembok sepeda anti maling. Setidaknya, untuk menghilangkan rasa was-was ketika meninggalkan sepeda di parkiran tak resmi yang kurang aman.

Gembok Sepeda Anti Maling

Dulu, kunci sepeda umumnya berupa rantai, kabel, atau gembok khusus. Meski bisa berfungsi dengan baik, nyatanya para pencuri berhasil menemukan cara untuk membukanya. Sehingga kunci konvensional tersebut lama-kelamaan dinilai kurang aman.

Seiring kemajuan dalam bidang teknologi, saat ini berbagai jenis kunci sepeda tersebut telah dibekali dengan fitur-fitur canggih, salah satunya alarm. Tentu saja, tujuannya adalah untuk memberikan keamanan lebih baik pada tunggangan.

Versi paling aktual dari kunci sepeda berteknologi terbaru adalah apa yang kini dikenal dengan smart bike lock. Smart bike lock atau gembok sepeda pintar merupakan jenis kunci sepeda yang dapat dikoneksikan dengan smartphone. Ini berarti gembok sepeda antimaling  yang dilengkapi alarm, belum bisa disebut kunci pintar apabila tidak bisa terhubung dengan ponsel pintar kamu.

Gembok sepeda antimaling biasanya memiliki sejumlah fitur, salah satu yang terpenting adalah GPS dan pelacakan lokasi. Agar makin jelas, berikut beberapa fitur smart bike lock yang paling aman.

https://www.springwise.com/wp-content/uploads/2017/07/KPN-smart-lock.jpg

·       Sistem Tanpa Kunci

Gembok sepeda antimaling terhubung dengan smartphone-mu melalui bluetooth. Kamu tak perlu membawa kunci lagi, karena gembok bisa dipasang atau dibuka lewat ponsel menggunakan aplikasi khusus. Ada pula sistem buka kunci dengan metode fingerprint yang lebih aman.

·       Peringatan Pencurian

Aplikasi kunci bisa memberikan peringatan di smartphone jika terjadi sesuatu pada sepedamu. Setidaknya ini cukup membantu, meskipun jarak jangkau Bluetooth relatif terbatas. Jangkauan Bluetooth umumnya hanya sekitar 10 meter, kecuali versi terbaru (Bluetooth 4.0)  yang daya jangkaunya mencapai 50 meter.

·       GPS dan Pelacakan

Fitur satu ini memungkinkan pemilik sepeda menemukan lokasi gembok, baik ketika terjadi pencurian maupun saat lupa tempat memarkir sepedanya. GPS dapat diatur untuk selalu aktif guna menunjukkan lokasi terkini dari sepeda, tidak peduli seberapa jauh jaraknya.

Kekurangan Gembok Sepeda Pintar

https://thegadgetflow.com/wp-content/uploads/2020/04/LINKA-LEO-GPS-Smart-Bike-Lock-01.jpg

Hanya saja, sangat disayangkan bahwa sesungguhnya fitur-fitur tersebut masih jauh dari kata sempurna. Gembok sepeda pintar memiliki banyak kekurangan. Pertama, jika smartphone hilang, otomatis pemilik sepeda akan kesulitan membuka gembok sepeda yang telah terkunci.

Kedua, jangkauan koneksi masih terbatas. Jadi kamu harus selalu berada dekat dengan sepeda. Kalau kamu pergi ke pusat keramaian naik sepeda dan menaruhnya di parkiran, bisa dipastikan kamu tak akan mendapat peringatan sama sekali jika lokasi parkiran terlalu jauh.

Dan yang ketiga, belum banyak produk gembok sepeda pintar yang  memiliki fitur GPS. Sejauh penelusuran kami, sampai saat ini baru ada satu, yakni iLockit yang belum beredar di Indonesia.

Lagipula, pencuri yang telah berhasil membuka gembok sepeda, umumnya akan meninggalkan atau membuang gembok tersebut secepatnya di mana pun mereka suka. Jadi, meski kamu berhasil melacak posisi GPS, bisa saja kamu hanya akan mendapatkan gemboknya saja. Sementara sepedamu telah digowes jauh entah kemana.

Rekomendasi Gembok Sepeda Anti Maling

Tapi jangan kuatir, ada banyak pilihan gembok sepeda anti maling terbaik untuk mengamankan tungganganmu. Berikut ini beberapa produk kunci sepeda rekomendasi kami yang dirangkum dari berbagai sumber.

  • Yale MAXI Lock Alarm

Rekomendasi pertama merupakan kunci sepeda jenis kabel yang berbahan kawat baja dengan ketebalan 2cm. Dilengkapi dengan alarm yang akan berbunyi ketika kabel terpotong atau kunci dibuka secara paksa.

  • Decathlon B’Twin 900

Kombinasi rantai dan gembok,juga terbuat dari baja tebal. Bobotnya sekitar 2kg, cukup berat sekaligus kuat, sehingga sulit dirusak menggunakan alat-alat berat, seperti palu atau gergaji.

  • Decathlon B’Twin 720

Kunci sepeda tipe U yang memiliki lingkar belenggu lebar. Kamu bisa menggembok dua sepeda sekaligus dengan memasangnya di seatpost. Atau menambatkan sepeda di tiang, plang, atau batang pohon berdiameter sedang. Gembok ini berbahan baja yang berlapis semen guna memberikan kekuatan ekstra.

  • Polygon Bikes Lock Spiral

Kawat kabel spiral dengan sistem kunci kombinasi numerik empat digit yang dikenal paling aman. Pengaturan password berarti kamu tak perlu lagi membawa kunci gembok kemana-mana. Cukup dengan mengingat kombinasi angkanya, gembok bisa dibuka dan mudah diakses meski kondisi gelap, karena kunci spiral ini juga dilengkapi lampu.

  • SkunkLock

 

SkunkLock adalah gembok model U dengan metode keamanan unik. Lingkar gemboknya berisi gas beracun yang otomatis akan dilepaskan ketika dirusak. Gas D-1 tersebut mengandung formula khusus dengan bau menyengat, bahkan dapat merusak alat yang digunakan pencuri, menodai dan mengikis kain bajunya. Saat menghirup gas tersebut, seseorang akan mengalami gangguan penglihatan dan pernapasan sementara, sampai merasa mual dan kemudian muntah-muntah.

  • PAW Folding Bike Lock

Desainnya mirip rantai sepeda, sehingga sukar dipotong meski bukan terbuat dari baja, melainkan zinc alloy. Panjang lingkar rantai cukup lebar, dapat digunakan untuk mengamankan tiga sepeda sekaligus. Namun praktis dibawa kemana-mana, karena ringan dan dapat dilipat ringkas hingga berukuran hampir sama dengan pedal.

  • Xiaomi Aerox Smart U-Lock

Produk dari brand teknologi China menawarkan fitur buka tutup kunci dengan sidik jari. Resolusi sensornya cukup tinggi, diklaim butuh waktu hanya setengah detik untuk membuka gembok, serta antiair dan debu. Kunci model U yang universal, bisa digunakan pada sepeda, pintu, gerbang pagar, dan sebagainya.

Penting bagi pegowes untuk memiliki gembok sepeda anti maling. Maka dari itu, kamu juga harus bisa memilih kunci sepeda paling tepat. Jangan hanya mempertimbangkan kecanggihan teknologi atau kepraktisannya, tetapi pastikan gembok sepeda benar-benar memiliki kekuatan serta memberikan keamanan yang maksimal.

 

 

Previous Asuransi Sepeda, Apa Saja Untung Ruginya?
Next Ini Alasan Kenapa Kalian Sebaiknya Memakai Sepatu Khusus Sepeda

About author

You might also like

FEATURED 0 Comments

Masalah Rantai Sepeda Sering Lepas, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Timbulnya masalah rantai sepeda secara otomatis akan mengganggu kenyamanan menggowes. Ketika sedang asyik bersepeda, tiba-tiba rantai sepeda keluar jalur sehingga pedal tidak bisa lagi dikayuh. Rantai sepeda sering lepas atau

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Amankah Bersepeda di Tengah Wabah Virus Corona?

Virus Corona telah menggemparkan dunia internasional. WHO menetapkan fenomena pandemik ini dalam kategori Public Health Emergency of International Concern. Artinya, setiap negara dunia wajib siaga terhadap kemungkinan makin parahnya efek

Sportif & Bike Travel 1Comments

Melihat Aktivitas Pegowes di Malang Selama Pandemi Corona

Banyak hal berubah sejak COVID-19 mewabah. Semua orang disarankan untuk menjalankan segala aktivitas sehari-hari di rumah saja. Sebisa mungkin mengurangi kegiatan bepergian dan kontak fisik bagaimanapun caranya. Belakangan kita juga

Diskusikan