Pemanasan Sebelum Bersepeda

Pemanasan Sebelum Bersepeda

Pemanasan sebelum bersepeda sangat penting untuk membantu mencegah cedera dan meningkatkan performa olahraga Anda. Pemanasan umumnya meliputi hampir semua anggota badan. Berikut ini beberapa pemanasan yang dapat dilakukan sebelum bersepeda.

Pemanasan Sebelum Bersepeda

Sebelum melakukan pemanasan dibawah ini, perlu diperhatikan hal hal yang harus dihindari saat melakukan pemanasan untuk menghindari cedera atau kelelahan sebelum Anda mulai bersepeda nantinya.

Stretching: Lakukan peregangan seluruh tubuh sebelum bersepeda, terutama pada otot kaki, punggung, dan lengan. Jangan lupa untuk mengencangkan perut dan peregangan leher.

Pemanasan aerobik: Naikkan detak jantung dengan melakukan pemanasan aerobik, seperti berjalan kaki, lari ringan, atau skipping. Hal ini akan membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas yang lebih intens.

Latihan kekuatan: Lakukan beberapa gerakan kekuatan ringan, seperti push up atau sit up, untuk mempersiapkan otot-otot Anda untuk bersepeda.

Gerakan dinamis: Gerakan dinamis seperti melakukan gerakan langkah atau melakukan gerakan berjalan pada spot dapat membantu mempersiapkan otot-otot dan meningkatkan fleksibilitas.

 

Kesimpulan

Bersepeda adalah olahraga intens karena melibatkan banyak otot dan memerlukan banyak energi untuk dilakukan. Saat bersepeda, otot-otot pada kaki, lengan, dan inti tubuh harus bekerja sama untuk menggerakkan sepeda dan menjaga keseimbangan. Selain itu, bersepeda dapat memacu detak jantung dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu membakar kalori dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Selain itu, intensitas bersepeda juga dapat bervariasi tergantung pada kecepatan, jarak, dan medan yang dilalui. Bersepeda di daerah yang berbukit atau berlawanan arah angin akan memerlukan lebih banyak usaha dan energi daripada bersepeda di daerah yang datar dan bersahabat.

Nah, oleh karena itu disamping pemanasan sebelum bersepeda, Jangan lupa untuk mengatur sepeda Anda sebelum mulai bersepeda, termasuk memeriksa rem, rantai, dan ban sepeda.

Jika Anda berencana untuk bersepeda dalam jarak jauh atau menghadapi kondisi medan yang sulit lengkapi perlengkapan bersepeda, Anda dapat melihat pilihan pilihannya di galeri Avelio. Pilihlah berdasakan kategori peralatan yang sekiranya Anda butuhkan dalam aktifitas bersepeda Anda.

Previous Hindari Ini Saat Melakukan Pemanasan
Next Modifikasi Sepeda

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/idn1.avelio.com/blog.avelio.com/wp-content/themes/ngetren/includes/single/post-tags-categories.php on line 7

About author

You might also like

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Amankah Bersepeda di Tengah Wabah Virus Corona?

Virus Corona telah menggemparkan dunia internasional. WHO menetapkan fenomena pandemik ini dalam kategori Public Health Emergency of International Concern. Artinya, setiap negara dunia wajib siaga terhadap kemungkinan makin parahnya efek

Racing 0 Comments

Yo, Apa bedanya Downhill dan Freeride ?

Banyak pesepeda mengira bahwa downhill dan freeride itu tak ada bedanya. Memang, keduanya sama-sama dilakukan di trek ekstrem, jalanan perbukitan dan pegunungan yang umumnya curam. Otomatis, membutuhkan kepiawaian dan ketangkasan

FEATURED 0 Comments

Cari Rute Sepeda Yang Aman Saat Pandemi Corona denga 10 aplikasi ini

Bersepeda makin menyenangkan dengan dukungan teknologi yang makin canggih. Pegowes bisa menemukan berbagai aplikasi menarik untuk dipakai saat bersepeda. Coba cek Playstore atau App Store kalian. Ketik kata kunci “cycling”, 

Diskusikan