Tune Up Sepeda : Ngabuburit Dirumah Saja

Tune Up Sepeda : Ngabuburit Dirumah Saja

Tune up sepeda adalah proses melakukan penyesuaian dan perbaikan pada komponen sepeda agar dapat berfungsi secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan pengendara.Aktifitas ini tidak menguras banyak tenaga sehingga cocok untuk mengisi waktu ngabuburit bagi Anda yang berpuasa di bulan ramadhan ini.

Peralatan

Berikut adalah beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan untuk melakukan tuning sepeda, Anda juga dapat memperolehnya dengan membeli secara baik di marketplace online maupun toko perkakas terdekat pilihan Anda:

  1. Kunci Inggris atau kunci soket: Untuk melepas dan memasang sekrup dan mur di sepeda.
  2. Set kunci L: Untuk menyesuaikan setelan rem, pengaturan gigi dan untuk menyetel berbagai bagian sepeda.
  3. Pompa angin: Untuk mengisi ulang tekanan angin pada ban sepeda.
  4. Set kabel rem dan gear: Untuk mengganti kabel rem dan gear yang aus atau rusak.
  5. Oli rantai dan sikat pembersih rantai: Untuk membersihkan dan melumasi rantai sepeda.
  6. Berbagai jenis obeng: Untuk menyesuaikan berbagai bagian sepeda seperti stang kemudi, jok, dan sebagainya.
  7. Stabilizer stand atau tripod: Untuk menjaga sepeda tetap stabil saat melakukan perawatan.
  8. Set alat pemotong kabel: Untuk memotong kabel rem dan gear yang baru.
  9. Penghapus ban dalam: Untuk memudahkan melepas ban dari velg.
  10. Pakaian kerja dan sarung tangan: Untuk melindungi diri dari debu, kotoran dan potensi cidera saat melakukan perawatan sepeda.

Pastikan untuk memilih peralatan yang berkualitas dan memahami bagaimana cara menggunakan peralatan tersebut dengan benar dan aman.Setelah peralatan diatas telah disiapkan, ini dia beberapa tuning yang dapat dilakukan pada sepeda sebagai berikut.

Tune Up Sepeda

  • Penyetelan posisi stang: penyesuaian posisi stang yang tepat dapat memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara.
  • Penyetelan posisi sadel: penyesuaian tinggi dan posisi sadel dapat membantu meningkatkan efisiensi pedal dan kenyamanan saat berkendara.
  • Penyetelan gigi: penyesuaian gigi pada sistem transmisi dapat membantu pengendara untuk menyesuaikan kecepatan saat berkendara di medan yang berbeda.
  • Pemasangan komponen yang lebih ringan: mengganti beberapa komponen dengan yang lebih ringan seperti roda, rantai, atau crankset dapat membantu meningkatkan kecepatan dan efisiensi saat berkendara.
  • Pemasangan komponen yang lebih kuat: mengganti beberapa komponen dengan yang lebih kuat seperti fork, shock, atau rem dapat membantu meningkatkan ketahanan sepeda saat digunakan di medan yang lebih berat atau saat melakukan atraksi tertentu seperti melompat.
  • Pemeriksaan dan perawatan rutin: melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin pada komponen sepeda seperti sistem transmisi, rem, atau roda dapat membantu memperpanjang masa pakai dan kinerja sepeda.

 

Ingin mengetahui cara – cara diatas? Dapat melihat – lihat kumpulan tutorial Kami di halaman Tutorial Seputar Sepeda.

Previous Bersepeda Di Musim Hujan
Next Hindari Ini Saat Melakukan Pemanasan

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/blog.avelio.com/public_html/wp-content/themes/ngetren/includes/single/post-tags-categories.php on line 7

About author

You might also like

Racing 0 Comments

Harga Sepeda Trek Paling Recommended 2020

Trek, tak bisa dimungkiri merupakan salah satu merek sepeda terpopuler di seluruh dunia. Pabrikan satu ini memang khusus memproduksi sepeda high-end berkualitas terbaik, baik dalam segi material komponen maupun ketelitian

How To 0 Comments

Avelio, Sarung Tangan Penakluk Medan Terjal

Bagi pesepeda yang sudah berpengalaman, melalui jalur turunan tajam bukanlah suatu hal yang menakutkan. Tapi buat para pemula, hal itu bisa saja membuat nyali ciut. Terlebih lagi jika ketakutan berimbas

How To 0 Comments

Kadar Laktat

Kadar laktat atau asam laktat atau laktat darah adalah salah satu parameter uji yang menentukan bagaimana kondisi stamina tubuh Kita. Laktat dihasilkan oleh otot selama aktivitas fisik intens, terutama saat

Diskusikan