Ini Alasan Kenapa Kalian Sebaiknya Memakai Sepatu Khusus Sepeda

Ini Alasan Kenapa Kalian Sebaiknya Memakai Sepatu Khusus Sepeda

Dalam banyak hal, sepatu sepeda sama pentingnya dengan helm atau kacamata. Item-item ini memberikan perlindungan, mendukung performa, serta meningkatkan penampilan, tiga hal yang begitu esensial dalam menggeluti hobi bersepeda.

Alasan Mengapa Riders Seharusnya Memakai Sepatu Sepeda

Para rider, terutama yang doyan trek all-mountain atau offroad sebaiknya memakai sepatu khusus sepeda. Meskipun bukan rider profesional, bukan berarti kalian tidak wajib menjaga keamanan saat bersepeda.

Sebagian pegowes newbie kerap salah mengira bahwa mereka bisa memakai sepatu skate, sneakers, atau running shoe untuk performa meyakinkan di atas pedal. Saat menghadapi trek berat, barulah mereka merasakan betapa alas kakinya tak cocok, bahkan mengganggu. Tentu saja, karena mereka tidak khusus dibuat untuk aktivitas tersebut.

Sebaliknya, sepatu sepeda memang khusus ditujukan untuk aktivitas bersepeda. Itulah mengapa mereka memiliki sejumlah fitur khusus yang memberikan keuntungan bagi kalian yang memakainya. Apa saja yang bisa diperoleh dengan memakai sepatu sepeda, berikut uraiannya.

  1. Perlindungan

Trek offroad identik dengan bebatuan, beraneka ragam tekstur tanah, bahkan kayu, dahan pohon, dan duri-duri. Running shoe atau sepatu skate yang ringan dan trendi, akan kurang maksimal dalam perlindungan terhadap kondisi trek MTB.

Sementara sepatu sepeda MTB biasanya memiliki tempurung tebal yang kokoh dan melindungi. Juga desain pergelangan yang cukup tinggi guna melindungi engkel kaki. Bahkan sebagian juga dilengkapi sambungan neoprene yang lentur untuk mencegah kotoran masuk ke dalam sepatu.

  1. Efisiensi Tenaga

Desain sepatu sepeda MTB umumnya tebal dan kaku, sekilas mirip dengan sepatu skate. Sifat kaku yang dimiliki sepatu sepeda ini mendukung performa kaki dalam mengayuh pedal. Jadi akan menguntungkan saat kalian harus menggowes dalam waktu lama atau melalui banyak turunan yang menantang.

Bahkan kakimu tidak perlu bekerja terlalu berat. Permukaan sol yang kaku dapat menyalurkan tenaga dari pangkal paha ke telapak kaki secara efektif, nyaris tanpa diserap sama sekali oleh sol. Itu tidak akan terjadi kalau kalian memakai sepatu yang tidak khusus dibuat untuk bersepeda di trek MTB.

  1. Pergerakan kaki bebas

Meskipun kaku, outsole sepatu sepeda MTB memberikan daya cengkeram dinamis saat menapak pedal. Contohnya seperti pada sepatu Avelio Pandemic, bahan rubber-nya memiliki pola yang fleksibel.

Ini akan menempel kuat saat kalian menjejakkan kaki di atas pedal. Namun cengkeramannya juga amat mudah dilepaskan, sehingga kaki bisa bergerak lebih bebas.

Daya cengkeram yang buruk membuat kaki mudah selip, membuang-buang tenaga, bahkan berbahaya. Mustahil kamu bisa mengontrol sepeda dengan baik di trek offroad jika pijakan kakimu mudah terlepas dari pedal.

Tidak dimungkiri bahwa faktor harga memengaruhi pilihan seseorang untuk memutuskan membeli atau tidak membeli sesuatu. Dan pada umumnya sepatu sepeda berkualitas terbaik dibanderol dengan harga yang tinggi pula.

Namun banyak orang lupa bahwa pengeluaran awal yang besar itu akan menguntungkan dalam jangka panjang. Karena ia tak perlu membeli sepatu sepeda yang baru lagi, setidaknya dalam waktu dua sampai lima tahun mendatang.

Contohnya kamu membeli sepatu sepeda seharga Rp200 ribu-an. Kualitas yang terbatas membuat usia pemakaiannya tidak lama, sekitar enam bulan atau setahun saja. Setelah rusak kamu terpaksa membeli yang baru dengan harga kurang lebih sama. Maka dalam waktu setahun berikutnya, kamu sudah harus bersiap untuk membeli yang baru lagi untuk mengganti sepatu barumu yang tak lagi bisa dipakai.

Jadi mana yang lebih menguntungkan? Sekali beli untuk dipakai selama bertahun-tahun, atau bolak-balik ke toko apparel setiap tahun karena harus gonta-ganti sepatu?

Ya, kami tidak perlu menjawabnya. Secara naluriah kamu sudah tahu mana yang lebih baik buatmu. Yang pasti, Avelio hanya akan merekomendasikan para rider agar selalu memakai sepatu sepeda khusus agar performa makin maksimal. Cek produk terbaru kami, Avelio Pandemic, atau koleksi sepatu sepeda Avelio yang lainnya.

Foto: Switchback Travel

Previous Hindari Pencurian dengan Gembok Sepeda Antimaling
Next Bawa Sepeda di Dalam Mobil Kena Pasal 283 UU LLAJ

About author

You might also like

How To 0 Comments

Ternyata Begini Cara Sarung Tangan Melindungi Pesepeda

Bersepeda memang menyehatkan, tetapi bukan berarti tidak berisiko. Oleh karena itu banyak dikembangkan produk-produk perlindungan yang inovatif, demi menghindarkan pesepeda dari kemungkinan terburuk. Selain helm, aksesoris perlindungan yang umum dipakai

How To 0 Comments

Aturan Dasar Memilih Ukuran Sepeda Gunung yang Pas Buatmu

Saat berada di toko sepeda, kamu pasti akan mendapatkan pilihan ukuran sepeda gunung yang bermacam-macam. Umumnya terbagi menjadi tiga, S, M, dan L, dengan kisaran panjangnya masing-masing. Sepeda gunung, seperti

Harus pilih mana: Sepatu Sepeda yang Fleksibel atau Spesifik ?

Inovasi baru, Avelio EON, sepatu sepeda dibuat khusus buat spesialis All Mountain Bike dan penggemar trek berat lainnya. Pegowes sepeda gunung tentu sudah familiar dengan berbagai jenis medan berat. Ada

Diskusikan