Hindari Ini Saat Melakukan Pemanasan

Hindari Ini Saat Melakukan Pemanasan

Ada beberapa hal yang harus di hindari saat melakukan pemanasan. Pemanasan yang tidak dilakukan dengan tepat ini dapat mengurangi efektifitas Anda dalam berolahraga, bahkan dapat mengakibatkan cedera.

Yang Harus Di Hindari Saat Melakukan Pemanasan

Pemanasan yang terlalu singkat

Pemanasan yang terlalu singkat tidak akan efektif mempersiapkan tubuh untuk latihan. Sebaiknya lakukan pemanasan selama 10-15 menit agar tubuh dapat mengalami peningkatan suhu dan sirkulasi darah. Ini salah satu faktor penting yang harus di hindari saat melakukan pemanasan.

Pemanasan yang terlalu lama

Pemanasan yang terlalu singkat maupun terlalu lama tidak akan efektif mempersiapkan tubuh untuk latihan. Sebaiknya lakukan pemanasan selama 10-15 menit agar tubuh dapat mengalami peningkatan suhu dan sirkulasi darah. Lakukan  latihan kardiorespirasi dengan intensitas rendah hingga sedang, diikuti oleh gerakan yang tidak begitu banyak namun serupa dengan olahraga atau aktivitas yang akan dilakukan.

Peregangan otot yang ekstrem

Peregangan otot yang ekstrem atau berlebihan dapat menyebabkan cedera pada otot atau tendon. Sebaiknya lakukan peregangan otot secara perlahan dan bertahap. Peregangan statis (menahan peregangan selama 30 detik atau lebih) meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan rentang gerak dan dapat membantu meningkatkan aliran darah dan distribusi oksigen ke seluruh tubuh, tetapi tidak baik untuk pemanasan. Bahkan, peregangan statis dapat mengganggu latihan Anda. Pilihlah peregangan dinamis sebelum latihan dan tinggalkan peregangan statis untuk pendinginan setelah latihan.

Gerakan yang tidak sesuai dengan kemampuan tubuh

Jangan memaksakan diri melakukan gerakan yang tidak sesuai dengan kemampuan tubuh, terutama jika Anda masih pemula. Mulailah dengan gerakan yang mudah dan teruslah meningkatkan intensitas dan kesulitan gerakan secara bertahap.

 

Kesimpulan

Sering kali kita tidak sengaja melakukan hal yang harus dihindari saat melakukan pemanasan. Bukannya memperolah manfaat maksimal dari pemanasan, malah akan berpotensi menimbulkan cedera. Oleh karena itu pentingnya menentukan gerakan pemanasan yang sesuai dengan aktifitas atau olahraga yang akan kita jalani setelah melakukan pemanasan.

Anda juga dapat menyimpan catatan gerakan gerakan pemanasan agar dapat dikembangkan atau digunakan lagi pada saat sebelum memulai aktifitas / olahraga agar tidak lupa.

 

Previous Tune Up Sepeda : Ngabuburit Dirumah Saja
Next Pemanasan Sebelum Bersepeda

About author

You might also like

How To 0 Comments

Panduan Memilih Sepeda Secara Lengkap, Tepat, dan Akurat

Kebanyakan artikel tentang panduan memilih sepeda selalu membahas soal ukuran dan jenis sepeda. Namun kali ini Avelio ingin menyajikan yang sedikit berbeda. Kami akan menggunakan pendekatan baru tanpa mengesampingkan faktor-faktor

How To 0 Comments

Tips Agar Sepeda Nyaman Digunakan

Bersepeda adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Banyak orang menikmati bersepeda sebagai sarana rekreasi, transportasi, atau bahkan olahraga kompetitif. Namun, sepeda yang tidak nyaman dapat membuat pengalaman bersepeda

How To 0 Comments

Cara Memilih Ukuran Sepeda Berdasarkan Tinggi Badan

Memilih ukuran sepeda berdasarkan tinggi badan adalah cara termudah. Tak perlu mengukur panjang ini itu guna memperoleh tunggangan paling pas untuk postur tubuhmu. Meskipun sebenarnya kamu masih harus memperhitungkan juga

Diskusikan