Hindari Ini Saat Melakukan Pemanasan

Hindari Ini Saat Melakukan Pemanasan

Ada beberapa hal yang harus di hindari saat melakukan pemanasan. Pemanasan yang tidak dilakukan dengan tepat ini dapat mengurangi efektifitas Anda dalam berolahraga, bahkan dapat mengakibatkan cedera.

Yang Harus Di Hindari Saat Melakukan Pemanasan

Pemanasan yang terlalu singkat

Pemanasan yang terlalu singkat tidak akan efektif mempersiapkan tubuh untuk latihan. Sebaiknya lakukan pemanasan selama 10-15 menit agar tubuh dapat mengalami peningkatan suhu dan sirkulasi darah. Ini salah satu faktor penting yang harus di hindari saat melakukan pemanasan.

Pemanasan yang terlalu lama

Pemanasan yang terlalu singkat maupun terlalu lama tidak akan efektif mempersiapkan tubuh untuk latihan. Sebaiknya lakukan pemanasan selama 10-15 menit agar tubuh dapat mengalami peningkatan suhu dan sirkulasi darah. Lakukan  latihan kardiorespirasi dengan intensitas rendah hingga sedang, diikuti oleh gerakan yang tidak begitu banyak namun serupa dengan olahraga atau aktivitas yang akan dilakukan.

Peregangan otot yang ekstrem

Peregangan otot yang ekstrem atau berlebihan dapat menyebabkan cedera pada otot atau tendon. Sebaiknya lakukan peregangan otot secara perlahan dan bertahap. Peregangan statis (menahan peregangan selama 30 detik atau lebih) meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan rentang gerak dan dapat membantu meningkatkan aliran darah dan distribusi oksigen ke seluruh tubuh, tetapi tidak baik untuk pemanasan. Bahkan, peregangan statis dapat mengganggu latihan Anda. Pilihlah peregangan dinamis sebelum latihan dan tinggalkan peregangan statis untuk pendinginan setelah latihan.

Gerakan yang tidak sesuai dengan kemampuan tubuh

Jangan memaksakan diri melakukan gerakan yang tidak sesuai dengan kemampuan tubuh, terutama jika Anda masih pemula. Mulailah dengan gerakan yang mudah dan teruslah meningkatkan intensitas dan kesulitan gerakan secara bertahap.

 

Kesimpulan

Sering kali kita tidak sengaja melakukan hal yang harus dihindari saat melakukan pemanasan. Bukannya memperolah manfaat maksimal dari pemanasan, malah akan berpotensi menimbulkan cedera. Oleh karena itu pentingnya menentukan gerakan pemanasan yang sesuai dengan aktifitas atau olahraga yang akan kita jalani setelah melakukan pemanasan.

Anda juga dapat menyimpan catatan gerakan gerakan pemanasan agar dapat dikembangkan atau digunakan lagi pada saat sebelum memulai aktifitas / olahraga agar tidak lupa.

 

Previous Tune Up Sepeda : Ngabuburit Dirumah Saja
Next Pemanasan Sebelum Bersepeda

About author

You might also like

How To 0 Comments

Tips Mengajari Anak Belajar Naik Sepeda

Belajar mengendarai sepeda adalah hal penting yang harus dilewati oleh anak-anak. Mengendarai sepeda mengajarkan keterampilan fisik dan mental yang berharga serta membantu anak-anak mengembangkan kepercayaan diri. Ada kiat kiat mengajari

Sportif & Bike Travel 0 Comments

10 tips bersepeda rombongan

Aktivitas bersepeda haruslah menyenangkan, menyehatkan badan dan pikiran. Untuk itulah Avelio selalu hadir mendukung kenyamanan dan keamanan kamu dalam mengayuh tunggangan. Tak hanya memakai aksesoris lengkap, seperti helm, manset, dan

How To 0 Comments

Hindari Beli Sarung Tangan Palsu atau Rasakan Sendiri Akibatnya

Masih banyak pegowes yang berdebat soal penting tidaknya memakai sarung tangan. Sebagian menganggapnya penting demi alasan keamanan. Tapi tidak sedikit yang mengesampingkannya karena mengurangi rasa nyaman atau bahkan ada yang

Diskusikan