Segini bujet untuk merakit sepeda gunung dari nol

Segini bujet untuk merakit sepeda gunung dari nol

Sebenarnya lebih murah mana, merakit sepeda dari nol atau beli jadi? Jawabannya tentu saja tergantung seberapa tinggi kualitas komponen yang diinginkan. Tapi kamu juga bisa mengaturnya supaya menghasilkan rakitan yang maksimal.

Merakit sepeda dari nol tidaklah sulit kalau kamu tahu apa yang harus dilakukan. Sebaiknya luangkan waktu untuk mulai mempelajari apa saja komponen penting dari sebuah sepeda. Lalu carilah informasi tentang tata cara pemasangannya, bisa mencari sumber online atau bertanya ke sana sini.

Soal biaya, lebih baik pada awalnya kamu menentukan besaran bujet untuk merakit sepeda. Pertimbangkan gaya menggowes yang biasa kamu lakukan. Ini akan memengaruhi jenis  sepeda yang akan dirakit. Komponen sepeda gunung tentu kurang pas digunakan pada roadbike atau jenis lainnya, begitu pula sebaliknya.

Ada banyak merek komponen sepeda beredar di pasaran. Harganya pun bervariasi, sesuai fitur dan kualitasnya.  Akan lebih mudah memilih produk komponen tersebut jika sebelumnya kamu sudah menentukan besaran dana merancang sepeda rakitan. Kira-kira segini bujet untuk merakit sepeda gunung.

  • Frame/Rangka Sepeda

Ada tiga macam ukuran rangka sepeda MTB, yaitu 26, 27.5, dan 29. Rata-rata orang Indonesia menggunakan ukuran 26 atau 27.5. Frame juga dibuat dari beberapa jenis material, antara lain alloy, stainless, serta carbon. Tipenya pun ada dua macam, yakni hardtail (tanpa suspensi) dan full suspensi.

Harganya mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah, tergantung jenis dan materialnya. Frame hardtail (tanpa suspensi/sokbeker) bekas berbahan alloy paling murah sekitar 500 ribu-an, barunya masih 1 juta ke atas. Rangka sepeda bahan stainless buatan Cina rata-rata cuma seharga ratusan ribu. Sementara frame carbon yang jauh lebih ringan banderolnya mulai Rp1,5 juta-an.

Carbon lebih ringan, tetapi untuk material berkekuatan tinggi harganya sangat mahal. Stainless tahan lama, tetapi rawan karatan. Maka frame alloy lebih disarankan karena memiliki kualitas sedang dengan harga tidak terlalu mahal.

Kisaran harga frame sepeda: Rp500 ribu – puluhan juta

  • Suspensi


https://www.mainsepeda.com/thumbs/extra-large/uploads/post/2018/06/23/Motion-E18_dyanmic-linkage-leaf-spring-enduro-mountain-bike-fork_driveside-leaf-spring1.jpg

Jika menginginkan sensasi menggowes sepeda gunung ala professional, kamu bisa mempertimbangkan rangka full suspensi. Tapi kamu juga harus menyiapkan dana lebih, minimal 5 juta rupiah untuk membeli rangka full suspensi berbahan alloy. Karena pemula, sebaiknya pilihlah rangka hardtail saja, kecuali kamu punya dana tak terbatas.

Untuk suspensi depan atau garpu, harga produk baru mulai 300 ribu-an tergantung kualitas. Boleh juga memilih garpu bekas asalkan ukurannya sesuai dengan frame. Barang bermerek dalam kondisi seken ada kalanya dijual murah. Jadi sering-seringlah mengunjungi bursa jual beli sepeda.

Kisaran harga garpu sepeda: Rp300 ribu – jutaan

  • Group set

https://bikerumor.com/wp-content/uploads/2018/07/Rotor-1x13_13-speed-hydraulic-single-ring-road-gravel-cyclocross-mountain-bike-drivetrain_gravel-complete.jpg

Groupset merupakan komponen penting sepeda berikutnya. Meliputi beberapa perangkat bagian, seperti shifter, derailleur depan belakang, sprocket atau gear belakang, rantai, crankset atau pedal, bottom bracket, set rem, dan kabel seling.

Sebenarnya lebih disarankan memilih groupset lengkap daripada membeli setiap bagian secara eceran, terutama bagi pemula. Pasalnya kamu tidak perlu repot mencocokkan satu komponen dengan yang lain. Tapi umumnya harga groupset berkualitas terbilang mahal. Ada yang murah, tetapi kualitasnya sulit dibuktikan.

Maka dari itu, silakan mencoba pilih merek-merek seperti Alivio atau Shimano. Kurang lebih harga barunya mulai 2 juta-an. Kalau masih kemahalan, cobalah mencari groupset bekas yang masih mulus.

Kisaran harga groupset sepeda: Rp1 – 7 juta

  • Handle

https://www.polygonbikes.com/wp-content/uploads/2019/07/bars.jpg

Bagian handle meliputi setang/handlebar, headset, handgrip atau pegangan, serta stem. Kisaran harga masing-masing komponen itu mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah, tergantung kualitas bahannya.

Handlebar buatan lokal bisa kamu beli seharga 30 ribu-an. Paling murah, bahkan ada yang menjualnya Rp24 ribu saja. Untuk headset, harga termurah menurut hasil penelusuran di e-commerce mulai 40 ribu-an.

Beralih ke stem, kisaran harganya hampir sama dengan handlebar mulai 40 ribu-an sampai jutaan rupiah. Begitu pula handgrip yang dijual seharga mulai 30 ribu-an. Kalau kamu ingin yang lebih mantap, silakan memilih handgrip tanpa stem terpisah. Tapi kamu harus menyiapkan dana lebih banyak, karena rata-rata banderolnya sejutaan.

Kisaran harga handlebar: Rp20 ribu – Rp2 juta-an
Kisaran harga headset: Rp40 ribu – Rp500 ribu-an
Kisaran harga stem & tiang: Rp40 ribu – Rp8 juta-an
Kisaran harga handgrip: Rp30 ribu – Rp1,5 juta

  • Sadel

https://i.pinimg.com/originals/bc/09/32/bc0932c712b490d7f649b5d9453a9019.jpg

Selanjutnya kamu perlu menentukan model paling nyaman untuk tempat dudukmu. Tempat duduk sepeda MTB rakitan terdiri dari dua komponen, yaitu sadel dan tiangnya/seatpost. Harga jual masing-masing komponen tersebut hampir sama, mulai dari 40 ribuan.

Sadel paling nyaman tentu harganya juga lebih tinggi, sekitar 300 ribu-an. Sedang seatpost banderolnya bisa mencapai 800 ribu tergantung kualitas material serta ukuran panjangnya. Kalau kamu ingin lebih mudah, sebaiknya belilah set sadel berikut seatpost-nya. Karena masing-masing ukurannya sudah disesuaikan, sehingga kamu tak perlu bingung mencocokkannya sendiri.

Kisaran harga sadel: Rp40 ribu – Rp300 ribu
Kisaran harga seatpost: Rp40 ribu – Rp800 ribu

  • Roda-roda

https://meekboyz.com/wp-content/uploads/2017/10/wheelset-front.jpg

Bagian ini juga terdiri dari beberapa jenis komponen. Antara lain ban luar dalam, jari-jari, pelek, boss/hub/as berikut sejumlah komponen pelengkapnya.

Ukuran roda perlu disesuaikan dengan frame, yang sebelumnya juga sudah kamu pilih berdasarkan postur tubuhmu. Pastikan juga lebar dan polanya pas, menyesuaikan dengan medan yang bakal sering kamu lewati. Apabila ragu-ragu, tanyakan kepada penjual ukuran ban yang pas dengan frame-nya. Kamu juga bisa memilih ban tubeless jika ingin lebih nyaman.

Setelah tahu ukuran paling tepat, baru kamu bisa melanjutkan ke hub, pelek, dan jari-jari. Perhatikan bahwa hub roda depan dan belakang punya model berbeda. Hub roda belakang akan menjadi tempat untuk memasang gir belakang atau sprocket beserta komponen-komponen pendukungnya.

Kisaran harga wheelset (komplet):  Rp500 ribu sampai belasan juta

  • Aksesoris

https://blog.avelio.com/wp-content/uploads/2018/11/jual-elbow-protector-avelio.jpg

Sedangkan soal aksesoris, ini tergantung kebutuhanmu. Tapi yang terpenting, kamu harus memakai perangkat pengaman. Pasalnya kamu bakal menggowes di medan yang cukup berat. Risikonya lebih banyak, mulai dari terjatuh, sepeda tergelincir, bahkan tabrakan dengan pegowes lain. Tentu kamu tak ingin itu terjadi, bukan?

Maka dari itu, sebaiknya lindungi dirimu dengan aksesoris keamanan. Pastikan kamu memakai sarung tangan, helm, pelindung siku dan lutut.  Juga yang tak kalah pentingnya, pakailah sepatu dan jersey khusus sepeda. Semua itu demi mencegah risiko paling buruk jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak perlu bingung kemana harus mencari aksesoris pelindung lengkap, karena Avelio sudah menyediakan semuanya. Tinggal pilih desain mana yang paling kamu suka. Bukan cuma aman, kamu bakal makin bersemangat menggowes, sekaligus tampil gaya di depan rekan gowesmu. Berani? Langsung saja!

 

Previous Most Q&A Tentang Ukuran Sepeda!
Next Cara Memilih Ukuran Sepeda Berdasarkan Tinggi Badan

About author

You might also like

How To 0 Comments

Avelio, Sarung Tangan Penakluk Medan Terjal

Bagi pesepeda yang sudah berpengalaman, melalui jalur turunan tajam bukanlah suatu hal yang menakutkan. Tapi buat para pemula, hal itu bisa saja membuat nyali ciut. Terlebih lagi jika ketakutan berimbas

How To 0 Comments

Posisi Tubuh Bersepeda Anti Lelah

Tentu saja itu menyenangkan, terutama bagi mereka yang akan tertarik pada proses ini. Sepadat apapun kesibukan, selalu ada waktu luang buat mengayuh sepeda atau menunggangi kuda besi di berbagai pilihan

How To 0 Comments

Jalan mulus maupun pegunungan, ini cara melesat dengan selamat di jalur turunan

Pada kesempatan yang lalu, Avelio menyajikan tips bersepeda melewati jalur menanjak bagi pemula. Nah, agar semakin lengkap, Avelio akan memberikan beberapa tips lagi. Kali ini sebaliknya, yakni tips bersepeda di

Diskusikan