10 Cara Menjaga Pola Makan Sehat Ala Pesepeda Pro

10 Cara Menjaga Pola Makan Sehat Ala Pesepeda Pro

Makanan adalah sumber energi, salah satu penunjang tubuh untuk tetap dalam kondisi prima. Selain bahan makanan bernutrisi, pola makan sehat pesepeda pro juga menjadi penentu kebugaran tubuh. Apalagi jika sobat Avelio termasuk orang yang aktif berkesibukan, dan bersepeda menjadi kegiatan pengisi waktu luang terfavorit.

Pada artikel yang lalu, Avelio memaparkan berbagai bahan makanan sehat pengganti sarapan untuk mendukung aktivitas bersepeda. Bahan makanan tersebut mengandung bermacam-macam nutrisi yang diperlukan tubuh sebagai suplai tenaga. Tapi meskipun bergizi, bukan berarti sobat Avelio bebas mengonsumsinya secara asal-asalan. Bukannya mengisi energi tetapi malah kekenyangan, sehingga bersepeda jadi tak nyaman.

Maka dari itu sobat Avelio sebaiknya mengetahui jumlah porsi dan pengaturan jam makan yang tepat, agar nutrisi bisa terserap dengan optimal, memberikan efek maksimal bagi tubuh saat mengayuh sepeda kesayangan. Berikut ini disajikan beberapa poin yang akan menjelaskan pola makan sehat untuk para gowes mania.

Pola Makan Sehat Pesepeda Pro

 

Sebelum Berangkat

Sarapan menjadi pondasi awal sebelum memulai beraktivitas. Jika hari Minggu nanti sobat Avelio menjadwalkan gowes jarak jauh, semangkuk bubur jagung sudah cukup menjadi bahan bakar. Setidaknya selama 90 menit ke depan kamu tidak akan merasa lapar.

Tambahkan sebutir telur, satu buah pisang atau segelas susu sebagai pendamping kalau perut terasa kurang kenyang. Tapi pastikan bahwa sarapan dilakukan 2 jam, atau setidaknya 90 menit sebelum berangkat. Jika kopi pagi sudah menjadi kebiasaan, panaskan air dan seduhlah, hanya saja sebaiknya tidak terlalu manis dan kental.

 

Tengah Perjalanan

Jangan lupa bawalah bekal air minum dalam botol, untuk berjaga jika sewaktu-waktu kehausan. Masih berminat dengan snack bar? Ambil satu atau dua bungkus dan simpan di kantong. Tapi jika ingin camilan lebih sehat, gantilah snack bar dengan roti mungil, buah apel, atau pisang. Nanti sobat Avelio bisa memakannya ketika lapar menyerang, jika ternyata sudah menempuh perjalanan lebih dari 2 jam.

Konsumsi air putih sangatlah penting, jadi sebaiknya benar-benar diperhatikan untuk menjaga pola makan sehat pesepeda. Untuk kegiatan fisik seperti bersepeda, jumlah konsumsi air yang disarankan minimal 500 ml (1/2 liter) per jam, tergantung tingkat kesulitan bersepeda dan kondisi cuaca. Biasanya banyak pesepeda lupa minum air saat cuaca dingin, jadi sebaiknya manfaatkan aplikasi pengingat (reminder) di smartphone-mu.

Waktu Istirahat

Banyak pesepeda sukar lepas dari kopi. Kafein pada kopi memang bisa mendorong tenaga ekstra, tetapi konsumsilah hanya jika benar-benar butuh. Itupun sebaiknya diminum pada 60 menit terakhir sebelum sampai di rumah. Jadi apabila sobat Avelio suka ngopi saat istirahat di tengah perjalanan, usahakan memilih lokasi cukup dekat dengan rumah. Dan sebagai penyeimbang, minumlah air putih dalam jumlah cukup.

Waktu istirahat bisa diisi dengan mengonsumsi makanan ringan. Keluarkan bekal yang telah disiapkan tadi, atau carilah toko terdekat untuk membeli camilan sehat. Sebatang snack bar sepertinya wajar, tetapi masih banyak pilihan makanan lain yang lebih bergizi dan menyehatkan sebagai pola makan sehat pesepeda.

 

Sampai di Rumah

Apabila selama 90 menit atau lebih, bersepeda telah dilakukan dengan cara yang benar, maka seharusnya sobat Avelio akan merasa lapar sesampainya di rumah. Kondisi ini normal, karena energi di dalam tubuh sudah berkurang, kalori terbakar lewat gerakan mengayuh dan mengendalikan laju sepeda yang aktif.

Oleh karena itu badan akan butuh diisi bahan bakar kembali. Jika perjalanan berlangsung kurang dari 90 menit, maka tidak perlu saran khusus saat mengisi perut. Makanlah dengan porsi dan menu normal. Sepiring nasi berikut sayur dan lauk lengkap sepertinya akan nikmat sekaligus mengenyangkan.

Apabila sobat Avelio baru saja bersepeda selama berjam-jam, tubuh bakal lebih lelah karena kehabisan tenaga. Minuman energi bisa membantu memulihkan kondisi tubuh secara instan sebelum menerima suplai nutrisi dari makanan. Kemudian lanjutkan dengan makanan mengandung karbohidrat dan protein tinggi dalam porsi sewajarnya, jangan rakus.

Saat ini mungkin sobat Avelio sudah bisa membayangkan menu makanan apa saja yang ingin dikonsumsi. Ingat, makanan juga merupakan sumber kesehatan. Jadi alangkah baiknya jika mulai sekarang kita berjanji pada diri sendiri, untuk hanya mengonsumsi makanan sehat setiap hari tanpa terkecuali demi menjaga pola makan sehat pesepeda pro. Selamat makan.

Previous Tikungan Setajam Apapun Bukan Masalah Dengan Metode Ini !
Next Utamakan Selamat, Berikut Tips Bersepeda di Jalanan Padat

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/idn1.avelio.com/blog.avelio.com/wp-content/themes/ngetren/includes/single/post-tags-categories.php on line 7

About author

You might also like

FEATURED 0 Comments

Bagaimana Cara Mengatasi Frame Sepeda Kebesaran Atau Kekecilan?

Sejak awal memilih sepeda, seharusnya kamu sudah memastikan ukurannya pas buatmu. Karena jika terlanjur membeli, bakal lebih sulit mencari cara mengatasi frame sepeda kebesaran atau kekecilan.

How To 0 Comments

Tips Mengajari Anak Belajar Naik Sepeda

Belajar mengendarai sepeda adalah hal penting yang harus dilewati oleh anak-anak. Mengendarai sepeda mengajarkan keterampilan fisik dan mental yang berharga serta membantu anak-anak mengembangkan kepercayaan diri. Ada kiat kiat mengajari

How To 0 Comments

Cara cuci sarung tangan agar steril dan awet

Salah satu cara hidup sehat adalah dengan rajin mencuci pakaian, termasuk aksesoris bersepeda kalian. Bukan cuma jersey atau celana, kebersihan sepatu, kaos kaki, sekaligus sarung tangan Avelio kalian wajib dijaga.

Diskusikan