Ternyata Begini Cara Sarung Tangan Melindungi Pesepeda

Ternyata Begini Cara Sarung Tangan Melindungi Pesepeda

Bersepeda memang menyehatkan, tetapi bukan berarti tidak berisiko. Oleh karena itu banyak dikembangkan produk-produk perlindungan yang inovatif, demi menghindarkan pesepeda dari kemungkinan terburuk. Selain helm, aksesoris perlindungan yang umum dipakai pesepeda profesional adalah sarung tangan, atau cycling gloves. Begini cara sarung tangan melindungi pesepeda.

Sarung tangan tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap. Lebih jauh, pemakaian sarung tangan akan berdampak pada kenyamanan pengayuh sepeda.

Dalam aktivitas bersepeda, tangan menjadi tumpuan utama. Kedua tangan mengendalikan laju sepeda sekaligus menjadi penyangga tubuh. Posisi tangan pada handlebar menentukan segalanya. Tinggi rendahnya posisi handlebar dan sadel bisa disesuaikan senyaman mungkin. Tapi tidak bisa dimungkiri bahwa genggaman tangan pada grip juga memegang peranan penting. Ketika tangan tidak mampu mencengkeram erat, pesepeda akan kesulitan bermanuver, bahkan berisiko untuk oleng dan keluar jalur.

 

Begini Cara Sarung Tangan Melindungi Pesepeda.

Pada dasarnya, tujuan pemakaian cycling gloves adalah untuk menjaga telapak tangan dari suhu dingin. Umumnya suhu dingin menyebabkan jari-jari kaku dan sulit bergerak lincah. Sementara pegowes membutuhkan tangan yang cekatan untuk mengendalikan kemudi, terutama pada lintasan ekstrem. Cycling gloves, seperti milik Avelio, sengaja dibuat dari material khusus untuk memelihara suhu pada telapak tangan pesepeda.

Saat suhu udara dingin, sarung tangan akan menghangatkan. Dan ketika sedang panas, cycling gloves menghalangi kontak langsung antara pegangan stang (handgrip) dan telapak tangan yang berkeringat, pun pada cuaca hujan. Ada beberapa jenis cycling gloves, di antaranya full-fingered dan track mitts. Full fingered adalah sarung tangan yang menutupi seluruh bagian telapak tangan hingga jari-jari. Sedangkan track mitts tidak dilengkapi dengan pelindung jari-jari tangan. Keduanya memiliki bagian terpenting, yaitu padding, cara sarung tangan melindungi pesepeda.

Padding merupakan lapisan terluar pada bagian telapak sarung tangan. Bentuknya mengikuti kontur telapak tangan, terbuat dari bahan yang empuk dan kasar. Berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi telapak tangan dari kemungkinan lecet atau kapalan, yang bisa terjadi saat bersepeda dalam waktu sangat panjang. Padding juga membantu telapak tangan lebih stabil dalam menggenggam handgrip.

Nasib sial bisa sewaktu-waktu menimpa pesepeda. Ketika jatuh, otomatis tangan akan menjadi tumpuan utama, menahan beban tubuh saat akan menimpa tanah. Oleh karena itu telapak tangan merupakan bagian tubuh yang berisiko terluka paling parah. Di sinilah fungsi padding pada sarung tangan, yakni untuk menghindari terkelupasnya kulit telapak tangan ketika menopang berat tubuh yang jatuh.

Butuh waktu lama bagi kulit telapak tangan yang terluka untuk bisa kembali seperti sedia kala. Kalaupun masih bisa mengayuh sepeda, pegowes tidak akan merasa nyaman akibat perih yang ditimbulkan oleh luka tersebut. Maka dari itu, sebaiknya gunakan cycling gloves yang tepat untuk mencegah hal buruk yang mungkin menimpa telapak tangan Anda, para pesepeda. Demikianlah cara sarung tangan melindungi pesepeda. Lihat koleksi sarung tangan sepeda Avelio.

Previous Avelio, Sarung Tangan Penakluk Medan Terjal
Next Merdeka itu, Junjung Tinggi Nilai Sportivitas

About author

You might also like

How To 0 Comments

Jago bersepeda dalam 8 tahap latihan untuk bikers newbie

Baru saja memulai kembali aktivitas bersepeda, setelah bertahun-tahun meninggalkannya? Jangan buru-buru forsir tenaga. Tubuh butuh waktu beradaptasi terhadap kebiasaan-kebiasaan baru, apalagi yang berhubungan dengan kegiatan fisik seperti bersepeda. Meski tujuan

Lampu Sepeda Dari Masa Ke Masa

Generasi awal lampu sepeda akhir abad ke 18 kala itu memanfaatkan tenaga minyak paus, kemudian minyak tanah menjadikan awal dari sejarah lampu sepeda. Pada tahun 1897 senyawa gas asetilena menggantikan

How To 0 Comments

Ini Penyebab Rantai Sepeda Putus & Cara Perbaikinya

Di antara komponen yang membuat sepeda bisa berjalan adalah roda dan drivetrain. Roda dapat berputar karena terhubung dengan drivetrain lewat sebuah mekanisme gerak khusus. Sementara drivetrain sendiri merupakan gabungan dari

Diskusikan