5 cara kuat genjot tanjakan dalam 1 minggu latihan

5 cara kuat genjot tanjakan dalam 1 minggu latihan

Bagi pemula di dunia gowes menggowes, jalur perbukitan bisa jadi menegangkan dan menciutkan nyali. Umumnya, kontur jalanan di daerah berbukit-bukit tidak selalu mulus dan pastinya berliku. Kondisi ini bakal menyulitkan mereka yang baru pertama kali mencoba, oleh karena itu dibutuhlkan cara kuat genjot tanjakan.


Tapi apa salahnya bertanya pada pesepeda dengan jam terbang tinggi, jika ingin aktivitas menggowes di perbukitan berjalan lancar? Kalaupun tidak, sobat Avelio bisa menambah wawasan bersepeda dengan Avelio. Salah satunya lewat tips dan trik melewati tanjakan curam / cara kuat genjot tanjakan berikut ini.

 

1. Mengendalikan Tempo dan Irama

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memperhitungkan tingkat kecuraman tanjakan. Caranya adalah dengan mengikuti alur tanjakan ketika berada di lerengnya. Kemudian tingkatkan tenagamu sedikit demi sedikit, sesuai dengan kontur jalan naik tersebut.

Ambil nafas secara teratur untuk menjaga denyut jantung tetap stabil. Tapi usahakan jangan sampai kehilangan momentum. Untuk itu, kamu perlu menjaga irama kayuhan. Ini bisa dilakukan dengan cara meniru para atlet profesional, yakni mengayunkan sepeda ke kanan dan kiri secara moderat, tidak berlebihan. Kalau kamu kesulitan, cukup dengan menghitung atau menyanyikan lagu sesuai irama kayuhan.

 

2. Teknik Mengayuh

Beberapa tanjakan terlihat begitu berat untuk bisa dilalui. Tapi dengan teknik yang benar, securam apapun tak akan jadi masalah.

Alih-alih memusatkan perhatian pada beratnya kayuhan pedal, lebih baik kamu ikuti putarannya. Maksudnya, fokuskan perhatianmu pada gerakan kaki yang melingkar saat mengayuh pedal. Temukan irama terbaik dan sesuaikan ayunan kakimu.

Cara ini efektif untuk efisiensi tenaga dan melatih otot-otot kaki. Di samping itu juga dapat meningkatkan gaya tarik, sehingga akan lebih cepat sampai ke puncak.

 

3. Pemilihan Gear

Gunakan gigi roda (gear) untuk mempertahankan irama. Tidak ada hal khusus soal gear paling tepat. Karena setiap pesepeda profesional sekalipun punya preferensi masing-masing. Banyak pesepeda memakai gear besar untuk menjaga kecepatan di jalur tanjakan, tetapi tak sedikit pula yang lebih memilih gear kecil demi efisiensi tenaga.

Pilihlah gigi roda yang menurutmu paling nyaman saat melewati tanjakan. Pertimbangkan pilihan gigi roda yang menghindarkan kaki dari kemungkinan cepat lelah. Usahakan pula berhati-hati saat mengganti gear, agar rantai tidak sampai jatuh atau los.

 

4. Mencari Posisi Paling Tepat

Umumnya, duduk di atas sadel merupakan posisi paling efisien dalam menanjak. Posisi duduk lebih memudahkan akselerasi, juga membuatmu rileks. Dalam mengambil posisi duduk, usahakan kepala tetap tegak, stabilkan tubuh bagian atas, dan cengkeramlah handgrip sesantai mungkin.

Beberapa kondisi jalur menanjak akan mengharuskan pesepeda berdiri, mengangkat tubuh dari atas sadel. Jika kamu perlu melakukannya, cobalah mengubah gear setingkat atau dua tingkat lebih besar. Tetaplah tenang dan jagalah posisi tubuh tetap stabil, terutama bagian atas tubuhmu.

 

5. Trik-trik Menarik Lainnya

Selain poin-poin di atas, beberapa trik berikut mungkin bisa membantumu saat melalui jalur tanjakan:

  • Di jalanan basah atau licin, usahakan tetap duduk. Condongkan badanmu ke arah depan mendekati stang, dan geser posisi duduk ke bagian depan sadel.
  • Jika pada jalur yang kamu lalui terdapat turunan, cobalah mencuri start. Di tengah turunan, tetaplah mengayuh menggunakan gigi roda terbaik untuk meningkatkan kecepatan. Ini akan membuatmu terdorong lebih jauh ketika menanjak.
  • Hindari gerakan-gerakan yang tidak perlu. Jika kamu ingin berayun ke kanan dan kiri, pastikan tidak berlebihan agar tidak kehabisan tenaga.
  • Apabila kamu bersepeda dalam grup, cobalah untuk berada di belakang pesepeda yang lebih berpengalaman. Ikuti irama kayuhan yang dia lakukan sebelum kamu bisa menemukan iramamu sendiri.

 

Itulah beberapa tips cara kuat genjot tanjakan buat sobat Avelio yang baru saja memulai hobi bersepeda. Silakan mempraktikkannya sendiri saat bersepeda. Dengan banyak berlatih dan mencari pengalaman, dalam waktu singkat sobat Avelio akan mahir melakukannya. Selamat mencoba.

Photo by Haidan on Unsplash

Previous Utamakan Selamat, Berikut Tips Bersepeda di Jalanan Padat
Next 10 tips bersepeda rombongan

About author

You might also like

How To 0 Comments

Solusi Kaki Sakit Saat Bersepeda

Kaki sakit ternyata tidak hanya dirasakan setelah bersepeda, tapi juga saat sedang bersepeda. Ketika kita sedang berhenti sejenak maka rasa sakit ini mulai lebih terasa setelah sebelumnya samar karena sedang

How To 0 Comments

Jangan Tinggalkan 11 Benda Wajib ala Bikers Pro

Pesepeda gunung bukanlah pendaki, yang harus menggendong tas ransel besar berisi segala kebutuhan pribadi di punggung. Aktivitas bersepeda gunung juga tidak bisa disamakan dengan olahraga joging, yang tidak perlu membawa

Tune Up Sepeda : Ngabuburit Dirumah Saja

Tune up sepeda adalah proses melakukan penyesuaian dan perbaikan pada komponen sepeda agar dapat berfungsi secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan pengendara.Aktifitas ini tidak menguras banyak tenaga sehingga cocok untuk

Diskusikan