Cara cuci sarung tangan agar steril dan awet

Cara cuci sarung tangan agar steril dan awet

Salah satu cara hidup sehat adalah dengan rajin mencuci pakaian, termasuk aksesoris bersepeda kalian. Bukan cuma jersey atau celana, kebersihan sepatu, kaos kaki, sekaligus sarung tangan Avelio kalian wajib dijaga. Tentu kalian tak mau ada virus atau bakteri jahat nyangkut di permukaan apparel, yang bisa jadi membawa penyakit mematikan. Maka dari itu rajin-rajinlah membersihkan semua apparel bersepeda yang sering kalian pakai, termasuk sarung tangan.

Sarung tangan Avelio mayoritas terbuat dari kombinasi bahan spandex dan coolmax. Karakter spandex ringan dan nyaman digunakan, serta memiliki kelenturan tingkat tinggi. Sehingga bisa melar sampai lima kali lipat ukuran aslinya. Meski sering diregangkan berkali-kali, bahan ini akan kembali ke bentuk aslinya tanpa berubah sedikitpun.

Sementara itu, coolmax juga memunyai karakter hampir sama seperti spandex. Sama-sama ringan, lembut di kulit, kuat, lentur, serta bersifat tidak menyerap keringat. Namun bukan berarti sarung tangan Avelio akan membuat tangan berkeringatmu kepanasan saat memakainya. Inovasi Avelio  dalam mengombinasikan spandex dengan coolmax menjadikannya nyaman dipakai. Karena coolmax memiliki kelebihan dalam kemampuannya menghasilkan sirkulasi udara yang baik sehingga dingin di tangan.

Dengan segala keunggulan itu, maka sayang rasanya kalau kalian tidak menjaganya tetap awet. Kebersihannya pun perlu diperhatikan mengingat penggunaannya tergolong ekstrem. Nah, berikut tips mencuci sarung tangan Avelio kesayangan kalian.

Persiapan

Keringatmu penuh mengandung garam yang dapat merusak serat kain. Maka saat mencuci, pusatkan perhatian pada interior bagian dalam sarung tangan.

Karena interior mengandung konsentrasi garam tinggi, balik bagian dalam sarung tangan hingga beralih menjadi permukaan luar. Ini sekaligus untuk melindungi desain print pada sisi luar. Jangan lupa merekatkan velcro seperti saat kalian memakai sarung tangan.

Mencuci dengan Mesin

Usahakan tidak mencuci sarung tangan memakai mesin cuci. Tapi jika terpaksa, pastikan tidak mencampurnya dengan cucian berat, seperti celana jins, atau jaket.

Biasanya pakaian ini mengandung logam, baik pada kancing maupun resleting. Kalau dicampur, bisa-bisa sarung tanganmu rusak terkena goresan logam tersebut. Pastikan juga mengeset putaran mesin cuci khusus untuk bahan lembut dan ringan.

Mencuci dengan Tangan

Mencuci dengan kucekan ringan tangan kosong dan sedikit deterjen lebih direkomendasikan. Supaya tingkat kelenturan dan kualitas material tetap terjaga maksimal.

Lebih bagus lagi jika kalian memakai air hangat dan deterjen ringan saat mengucek. Baru pada saat membilas, gunakan air dingin bersih. Hindari memeras kandungan air dengan cara memelintir atau meremasnya terlalu keras.

Proses Pengeringan

Jangan sekali-kali menggunakan pengering atau menjemur sarung tangan di bawah sinar matahari yang terlalu terik. Itu akan merusak fleksibilitas dan kelenturan spandex dan coolmax. Diamkan saja di tempat sejuk dan angin-anginkan sampai benar-benar kering.

Hal-hal yang Perlu Dihindari

Bahan spandex dan coolmax terbuat dari serat sintetik. Oleh karena itu material ini tidak mampu menahan beban suhu panas berlebihan. Maka hindarilah menyetrika sarung tangan Avelio-mu.

Tapi kalau kalian masih ngotot, atur setrika pada suhu rendah dan berikan kain pelapis di atas sarung tangan agar tak terpapar panas secara langsung. Gosok seluruh permukaan sewajarnya dan jangan sampai menempel terlalu lama di satu sisi saja.

Satu lagi, jangan pernah mencuci sarung tangan Avelio menggunakan pemutih. Kecuali kalian bisa memastikan bahwa pemutih yang dipakai benar-benar aman pada semua jenis warna sekaligus cocok untuk bahan spandex dan coolmax. Sebaiknya lakukan tips-tips di atas kalau ingin sarung tangan Avelio-mu awet dan tahan lama.

 

Previous Jakarta PSBB, Masih Bolehkah Bersepeda?
Next Panduan Memilih Sepatu Sepeda Yang Tepat

About author

You might also like

How To 0 Comments

Masalah Rantai Sepeda Sering Lepas, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Timbulnya masalah rantai sepeda secara otomatis akan mengganggu kenyamanan menggowes. Ketika sedang asyik bersepeda, tiba-tiba rantai sepeda keluar jalur sehingga pedal tidak bisa lagi dikayuh. Rantai sepeda sering lepas atau

FEATURED 0 Comments

5 cara kuat genjot tanjakan dalam 1 minggu latihan

Bagi pemula di dunia gowes menggowes, jalur perbukitan bisa jadi menegangkan dan menciutkan nyali. Umumnya, kontur jalanan di daerah berbukit-bukit tidak selalu mulus dan pastinya berliku. Kondisi ini bakal menyulitkan

How To 0 Comments

Panduan Memilih Sepeda Secara Lengkap, Tepat, dan Akurat

Kebanyakan artikel tentang panduan memilih sepeda selalu membahas soal ukuran dan jenis sepeda. Namun kali ini Avelio ingin menyajikan yang sedikit berbeda. Kami akan menggunakan pendekatan baru tanpa mengesampingkan faktor-faktor

Diskusikan