Jalan mulus maupun pegunungan, ini cara melesat dengan selamat di jalur turunan

Jalan mulus maupun pegunungan, ini cara melesat dengan selamat di jalur turunan

Pada kesempatan yang lalu, Avelio menyajikan tips bersepeda melewati jalur menanjak bagi pemula. Nah, agar semakin lengkap, Avelio akan memberikan beberapa tips lagi. Kali ini sebaliknya, yakni tips bersepeda di jalan turunan. Meski sudah berpengalaman sekalipun, tips dari British Cycling berikut bisa membantu meningkatkan teknik bersepeda sobat Avelio.

Tips Bersepeda Di Jalan Turunan

 

Perhatikan Arah Depan

Pastikan kamu lebih banyak memandang ke depan, yakni ke arah jalanan yang akan dilalui. Sobat Avelio bisa saja sering melihat ke bawah (aspal), roda depan, punggung pesepeda lain, marka jalan, atau lubang-lubang jalan yang mungkin muncul. Tapi jangan sampai tidak melihat ke mana arah jalan turunan ini akan berlalu.

Santai Saja

Dalam kondisi tegang, kamu akan gelisah dan mudah kaget, sehingga kontrol atas sepeda kurang maksimal. Umumnya jalan turunan menyebabkan kecepatan sepeda meningkat, sehingga kamu perlu rileks agar dapat mengendalikannya dengan baik. Ketegangan bisa dilihat dari caramu menggenggam handgrip. Jika terlalu rapat, mungkin sudah waktunya istirahat sejenak untuk menurunkan tekanan.

Tundukkan ke Depan

Kebanyakan pesepeda profesional akan memosisikan tubuhnya menunduk saat melalui turunan. Hal ini karena posisi tersebut dapat meningkatkan kecepatan, sekaligus memudahkan dalam menjaga keseimbangan dan manuver. Selain itu, dengan sedikit teknik duduk yang tepat, pesepeda juga bisa mengontrol kecepatan meski tanpa rem sekalipun. Yakni dengan sedikit mengangkat pantat agar tidak menempel pada permukaan sadel.

Gunakan Stang Drops

Posisi menunduk akan lebih nyaman di jalan turunan jika sepedamu dilengkapi dengan stang drops. Stang kemudi jenis ini dinilai membuat bersepeda lebih agresif dan aerodinamis. Tangan pun berada dalam posisi paling aman, juga mendapatkan kekuatan maksimal pada saat pengereman. Beruntunglah bagi mereka pecinta sepeda jenis roadbike.

Condongkan ke Belakang

Posisi tubuh satu ini akan membantu jika sobat Avelio menghadapi turunan dengan tingkat kemiringan tinggi atau curam. Condongkan tubuh miring ke belakang untuk memberi beban lebih pada punggung. Bergeserlah juga sedikit mundur dari sadel, dan jatuhkan tumit untuk mendapatkan posisi kaki yang aman.

Metode Pengereman

Gunakan metode pengereman positif, dengan cara memanfaatkan kedua tuas rem secara bergantian atau bersamaan. Rem depan umumnya lebih kuat, jadi sebaiknya lebih sering digunakan, kecuali jika kamu menghadapi turunan curam atau jalanan licin.

Pengereman sebaiknya juga dilakukan secara berangsur-angsur, tidak dengan terus menerus menekan tuas rem. Ketika di depan ada tikungan tajam, pastikan melakukan pengereman sebelum mulai berbelok. Metode ini salah satu kunci tips bersepeda di jalan turunan.

Beri Jarak Aman

Ini harus dilakukan oleh mereka yang suka menggowes ramai-ramai. Jarak aman yang baik ditentukan oleh kecepatan bersepeda dan kondisi jalanan. Semakin cepat lajunya, maka celah antar pesepeda harus semakin lebar. Mengambil celah yang cukup lebar juga harus dipertimbangkan ketika melalui jalanan basah dan licin.

Posisi Kaki

Biasanya pesepeda memiliki kaki andalan untuk memulai kayuhan. Kala melalui turunan, posisikan kaki andalan tersebut tetap di depan seperti biasa, dan dudukkan kaki andalan sedikit lebih tinggi daripada kaki lainnya. Pada jalur tikungan, usahakan berat badan lebih condong ke sisi luar dan posisikan kaki di sisi dalam lebih tinggi dari pada kaki di sisi luar.

Hindari Gerakan Mendadak

Pada dasarnya ini tidak hanya berlaku bagi pesepeda, tetapi juga untuk para pengguna jalan lainnya. Gerakan tiba-tiba bisa berakibat berbahaya, apalagi di jalur menurun yang cukup padat. Usahakan tidak panik jika datang pengendara lain dari belakang. Pertahankan kecepatan dan cobalah bersepeda di garis bayanganmu sendiri. Hindari berbelok tiba-tiba, serta pengereman mendadak, lalu biarkan pengendara tadi menyalipmu dari sisi luar jalanan.

Ikuti dan Pelajari

Cara termudah untuk belajar teknik melewati jalan turunan adalah mengikuti pesepeda yang lebih berpengalaman. Mengikuti bisa berarti berada tepat di belakang sang ahli tersebut pada saat menggowes. Dengan begitu kamu bisa leluasa memperhatikan gerak geriknya.

Cobalah tiru posisi tubuhnya di atas sepeda. Perhatikan pula arah pandangannya untuk memprediksi pergerakan yang akan diambil.

Itulah beberapa tips bersepeda di jalan turunan yang bisa sobat Avelio coba. Ingatlah, keamanan adalah faktor penting dalam bersepeda. Jadi alangkah baiknya jika sobat Avelio senantiasa memperhatikan keamanan bersepeda. Tips bersepeda di jalanan turunan tadi dapat dicoba dulu / latih di jalanan sepi. Sampai jumpa di jalanan!

Previous Toko Sarung Tangan Sepeda Di Tangerang
Next Toko Sarung Tangan Sepeda Di Tangerang Selatan

About author

You might also like

Panduan Memilih Sepeda Secara Lengkap, Tepat, dan Akurat

Kebanyakan artikel tentang panduan memilih sepeda selalu membahas soal ukuran dan jenis sepeda. Namun kali ini Avelio ingin menyajikan yang sedikit berbeda. Kami akan menggunakan pendekatan baru tanpa mengesampingkan faktor-faktor

How To 0 Comments

5 Trik Tanpa Lelah Bersepeda Saat Puasa

Ramadan sudah menjelang, Umat Islam dianjurkan untuk mengisi bulan suci ini dengan rangkaian ibadah dan berbagai kegiatan bermanfaat. Selain aktivitas spiritual demi meningkatkan keimanan, tidak ada salahnya menggembleng fisik dengan

How To 0 Comments

Jangan Tinggalkan 11 Benda Wajib ala Bikers Pro

Pesepeda gunung bukanlah pendaki, yang harus menggendong tas ransel besar berisi segala kebutuhan pribadi di punggung. Aktivitas bersepeda gunung juga tidak bisa disamakan dengan olahraga joging, yang tidak perlu membawa

Diskusikan