Asuransi Sepeda, Apa Saja Untung  Ruginya?

Asuransi Sepeda, Apa Saja Untung Ruginya?

Baru-baru ini ada sebuah perusahaan keuangan yang mengklaim sebagai yang pertama kali meluncurkan produk asuransi sepeda komprehensif di Indonesia. Komprehensif di sini maksudnya memberikan manfaat jaminan lengkap untuk segala risiko, baik kerusakan, kecelakaan diri, maupun tuntutan dari pihak ketiga.

Namun sebenarnya, produk asuransi sepeda tersebut bukanlah yang pertama di Indonesia. Meski tidak banyak, sejumlah perusahaan layanan keuangan nasional memiliki produk asuransi sepeda dengan jenis dan kelebihannya masing-masing.

Lalu sepenting itukah menggunakan asuransi sepeda? Berikut untung rugi asuransi sepeda yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

Keuntungan Asuransi Sepeda

 
https://www.kingstonist.com/wp-content/uploads/2018/09/Stock_Bicycle_FRM.jpg

Layaknya produk asuransi pada umumnya, asuransi sepeda memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Nasib sial bisa menimpa siapa saja. Ada banyak risiko yang kerap menghantui pesepeda, misalnya kecelakaan, kerusakan, dan pencurian. Asuransi sepeda memungkinkan nasabah terhindar dari risiko kerugian yang terjadi akibat masalah-masalah tersebut, karena penyedia asuransi menjamin kerugian yang ditanggungkan.
  2. Asuransi dapat menjadi sarana menyimpan uang alternatif selain tabungan konvensional. Daripada mengeluarkan dana tanpa manfaat, ini dapat menjadi sarana mengatur keuangan. Fungsinya pun lebih spesifik, sebagai dana cadangan jika pegowes mengalami hal-hal buruk terkait bersepeda.
  3. Jaminan asuransi membuat pegowes lebih tenang. Tentu setiap orang tidak bisa memastikan apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, asuransi sepeda dapat memberikan kepastian jaminan guna mengurangi kerugian finansial yang mungkin timbul saat menggowes.

Kerugian Asuransi Sepeda

 
https://www.polygonbikes.com/wp-content/uploads/2018/12/Cover-3-1024x683.jpg

Selain beberapa kelebihan, di sisi lain asuransi sepeda juga memiliki sejumlah kerugian. Hal ini juga penting dipertimbangkan saat akan memutuskan memilih produk asuransi.

  1. Asuransi menuntut konsistensi nasabah. Artinya, nasabah harus memastikan dapat membayar premi sampai batas waktu yang ditentukan dalam perjanjian. Jika berhenti di tengah jalan, kemungkinan besar dana yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali atau menjadi hak penyedia asuransi.
  2. Mengikuti asuransi berarti nasabah memberikan hak penuh bagi penyedia layanan untuk mengelola dana simpanannya. Hal ini dinilai kurang adil, karena keuntungan yang dihasilkan dari pengelolaan dana simpanan tersebut sepenuhnya menjadi milik perusahaan penyedia layanan asuransi.
  3. Belum banyak produk asuransi sepeda yang memberikan jaminan klaim untuk segala jenis risiko. Selain itu, biasanya proses pengajuan klaim cukup ribet. Belum lagi jika ternyata pencairan klaim kurang dari nominal yang diajukan atau yang tertera pada perjanjian awal, karena dinilai tidak memenuhi persyaratan.

Mengingat asuransi sepeda memiliki kelebihan dan kekurangan, maka tak penting apa perusahaannya. Yang paling penting adalah produk asuransi sepeda dapat memberikan jaminan maksimal, tanpa membebankan persyaratan dan ketentuan yang memberatkan atau manipulatif, terutama dalam proses pencairan klaim.

 
https://toronto.citynews.ca/wp-content/blogs.dir/sites/10/2019/07/NYBZ267-710_2019_065333.jpg

Tips Memilih Asuransi Sepeda

Sebagai tambahan informasi, berikut tips memilih produk asuransi sepeda.

1.      Cermati Rekam Jejak Perusahaan Asuransi

Sejauh ini baru ada tiga perusahaan keuangan Indonesia yang menyediakan produk asuransi sepeda, antara lain Simas, Qoala, dan OVO. Periksa apakah perusahaan tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta memiliki kredibilitas baik. Carilah ulasan-ulasan dari nasabah di media, blog, atau testimoni lainnya. Bila perlu, kunjungi konsultan keuangan atau kenalan yang berpengalaman dalam hal keuangan, khususnya asuransi.

2.      Sesuaikan dengan Kemampuan

Kontrak asuransi akan mewajibkan kamu membayar premi secara rutin dan berkala. Jadi, kamu harus menyesuaikannya dengan kemampuan finansialmu. Jika kamu baru mengenal asuransi, sebaiknya pilih produk dengan biaya premi yang terjangkau. Usahakan mengambil asuransi berjangka waktu pendek agar kamu tidak keteteran. Lalu pastikan juga tanggal jatuh tempo pembayaran premi tidak jauh dari tanggal gajian.

3.      Bandingkan Setiap Produk

Setiap produk asuransi tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya cermati segala detail syarat dan ketentuan produk-produk asuransi sepeda dengan teliti. Kemudian bandingkan masing-masing produk tersebut, dan pilih yang menurutmu paling menguntungkan. Baik dari segi persyaratan registrasi, cakupan jaminan dan besaran ganti rugi, manfaat-manfaat tambahan, maupun layanan secara keseluruhan.

Asuransi sepeda memang penting, tetapi kamu harus pintar-pintar memilih produk agar tidak merasa terbebani. Sebab asuransi membutuhkan komitmen dan konsistensi jangka panjang dari nasabahnya. Kalau tak mau makin rugi, sebaiknya jangan langsung membuat keputusan sebelum menimbangnya secara matang.

Previous Harus pilih mana: Sepatu Sepeda yang Fleksibel atau Spesifik ?
Next Hindari Pencurian dengan Gembok Sepeda Antimaling

About author

You might also like

Sepeda Thrill

Para penggemar cross country pasti sudah tak asing lagi dengan sepeda merek Thrill. Benar, merek satu ini sejak awal memang fokus memproduksi sepeda MTB. Kemudian memperluas cakupannya dengan ikut meramaikan

How To 0 Comments

Masalah Rantai Sepeda Sering Lepas, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Timbulnya masalah rantai sepeda secara otomatis akan mengganggu kenyamanan menggowes. Ketika sedang asyik bersepeda, tiba-tiba rantai sepeda keluar jalur sehingga pedal tidak bisa lagi dikayuh. Rantai sepeda sering lepas atau

FEATURED 0 Comments

5 Fakta mahal-nya Sepeda Lipat Brompton, Pegowes Wajib Tahu!

Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan sepeda brompton. Memang, tongkrongan sepeda lipat satu ini begitu unik. Sekilas seperti sepeda untuk anak-anak, padahal justru kebanyakan penggunanya adalah orang dewasa. Nah,

Diskusikan