Gowes Anti-Nyasar dengan GPS Sepeda

Gowes Anti-Nyasar dengan GPS Sepeda

Kalau kamu terinspirasi dengan aktivitas blusukan ala Pak Jokowi, sebaiknya gunakan GPS sepeda. Kamu bukan presiden, pasti tak punya tim khusus yang mempersiapkan perjalanan, mulai berangkat hingga sampai ke tujuan. Bisa-bisa kamu tersesat ketika melewati jalur yang masih asing.

Seperti sobat Avelio ketahui, GPS (Global Positioning System) adalah sistem navigasi memanfaatkan sinyal satelit untuk menemukan titik lokasi. Dan perangkat GPS yang kita kenal selama ini berfungsi sebagai penerima sinyal satelit, sekaligus media untuk membaca informasi tentang lokasi.

GPS sepeda merupakan salah satu perangkat penting, terutama buat pegowes bertipe penjelajah. Produk GPS terbaru bahkan menggunakan sistem komputer, dilengkapi beberapa fitur pendukung, seperti pencatat waktu, kecepatan, detak jantung, irama, dan lain-lain. Jadi bukan cuma penjelajah, pesepeda kasual pun dapat memanfaatkannya.

Namun perangkat ini masih belum banyak digandrungi di Indonesia. Pegowes Indonesia umumnya lebih memilih berkendara secara berkelompok daripada sendiri-sendiri. Sehingga tak membutuhkan panduan arah dari GPS. Kalaupun ada, tak semua peserta membawanya, cukup satu atau dua. Tapi jika suatu saat kamu mempertimbangkan untuk memilikinya, perhatikan 3 aspek berikut ini sebelum membeli.

Apa Sebenarnya yang Kamu Butuhkan?

Terdapat 2 jenis unit GPS. Perbedaannya terletak pada fungsi dan kemampuannya. Yang pertama adalah GPS pemandu arah yang dilengkapi sistem navigasi, dan kedua adalah unit dengan fitur pencatatan data performa.

Kali ini kita bedakan dengan istilah GPS Navigasi dan GPS Performa. Secara garis besar fungsi kedua jenis GPS tersebut tak jauh berbeda. Hanya saja GPS Navigasi memiliki kemampuan pemandu arah yang lebih mendetail, dilengkapi peta dan memori penyimpanan.

Umumnya menggunakan layar yang berukuran lebih lebar. Inilah mengapa banderolnya lebih mahal daripada GPS Performa. Sementara GPS Performa menawarkan perekaman data menggowes yang cukup lengkap. Berikut opsi untuk menganalisis data tersebut sebagai referensi. Sayangnya kemampuan navigasinya kurang akurat.

Kemudahan Akses

Akses GPS Sepeda tergolong baik jika segala informasi penting tersaji pada halaman depan. Ini artinya media penampil informasi pada unit GPS akan berdimensi cukup besar. GPS dengan layar lebar akan lebih mempermudah akses, sedikitnya antara 2,3 – 2,5 inci (5,84 – 6,35 cm).

Tampilan informasi akan dipengaruhi tiga faktor, yakni resolusi, warna, dan kontras. Kombinasi yang baik antara ketiganya membuat gambar tampak jelas, utamanya ketika terpapar cerah matahari. Ketahui pula bahwa lebar ukuran layar berbanding lurus dengan bobotnya. Apabila kamu benar-benar memperhitungkannya, maka pilihlah GPS yang menurutmu beratnya pas.

Satu hal terpenting dalam hal kemudahan akses adalah GPS sebaiknya dilengkapi komponen mounting (pemasangan) yang fleksibel. Posisi paling ideal biasanya terletak di atas stem atau di handlebar. Beberapa produk dibuat untuk dipasang di lengan atau pergelangan tangan, tetapi Avelio tidak merekomendasikan penempatan semacam ini. Pasalnya, akses cukup menyulitkan, mengganggu pandangan, dan cukup membahayakan.

Fitur dan Teknologi GPS Sepeda

Produk-produk GPS terbaru menggunakan teknologi layar sentuh untuk mempermudah pengoperasiannya. Beberapa merek juga membenamkan konektivitas Bluetooth untuk terhubung dengan smartphone. Baik sebagai perangkat tambahan, maupun menjadi pengganti kontrol smartphone ketika bersepeda. Terdapat fitur-fitur, seperti pemutar musik, panduan arah bersuara, notifikasi pesan dan telepon, serta pengunggah data.

Hanya saja jari-jarimu harus senantiasa kering untuk dapat mengoperasikan unit GPS berlayar sentuh. Tentu saja ini mustahil bagi seorang pegowes. Dalam kondisi sedang bersepeda, tak mungkin jari tangan terbebas dari keringat.

Untuk itu kamu memerlukan sarung tangan sepeda yang memberikan sirkulasi udara terbaik, menjaga jari tangan tetap kering. Plus material yang ramah untuk penggunaan layar sentuh, sehingga tak perlu melepas sarung tangan saat mengakses GPS atau smartphone.

Adakah sarung tangan dengan semua kelebihan itu? Mahalkah harganya? Pertanyaan klasik. Langsung cek produk Avelio di sini. Lihat dan pakai sendiri agar tahu rasanya.

Jadi Pilih GPS Sepeda Seperti Apa?

GPS Performa

Jika dulu pesepeda membutuhkan beberapa perangkat berbeda untuk merekam data aktivitas gowes mereka, kini tidak lagi. Banyak produk GPS, salah satunya Garmin Connect, yang dilengkapi koneksi nirkabel via Bluetooth.

Ini akan memungkinkan penggunaan alat-alat, seperti sabuk pencatat detak jantung (heart rate strap), sensor cadence, dan power meter. Beberapa pabrikan GPS juga melengkapi unit mereka dengan alat perekam data tersebut, baik secara paket maupun built-in. Ketika terhubung dengan komputer atau smartphone, unit GPS dapat menampilkan data tercatat dan melakukan analisis mengenai aktivitas gowes yang baru saja dilalui.

GPS Performa cocok buat pesepeda kasual, pegiat Bike to Work, atau menggowes sebagai sarana hiburan murah dan santai, sekaligus mencari kebugaran. Pegowes macam ini umumnya memilih trek yang mudah dan sudah dikenal.  Sehingga tak banyak membutuhkan bantuan navigasi.

Jika masih merasa belum perlu GPS, kamu bisa memanfaatkan smartphone. Tersedia banyak aplikasi untuk bersepeda, termasuk perekam detak jantung, penghitung jarak, dan lain sebagainya. Tak perlu kuatir soal pemasangan, karena di pasaran juga banyak dijual komponen mounting untuk smartphone.

GPS Navigasi

GPS Navigasi menawarkan fungsi GPS yang sebenarnya. Tampilan dasarnya berupa rute dan kompas. Beberapa produk juga dilengkapi data tentang destinasi-destinasi favorit, fasilitas umum dan lokasi-lokasi penting lainnya, bahkan peta topografi (tinggi rendahnya permukaan daratan) secara detail.

Tentu saja unit macam ini adalah pilihan tepat bagi pecinta trek pegunungan dan penjelajah jarak jauh. Jalur baru tak dikenal takkan menjadi halangan jika menggunakan GPS Navigasi.

Bagi pesepeda gunung, petunjuk arah dari GPS Navigasi akan lebih menguntungkan. Terlebih saat menghadapi kondisi cuaca buruk, jarak pandang minim, atau adanya jalan-jalan setapak yang membingungkan. Bahkan dalam keadaan darurat, titik kordinat lokasi dari GPS dapat mempermudah bala bantuan segera menjangkau pesepeda.

Sedangkan untuk pecinta touring bersepeda, disarankan menggunakan GPS Navigasi berbekal baterai dengan daya besar. Pabrikan seperti Garmin dan Magellan telah meluncurkan produk GPS bertenaga baterai lithium-ion isi ulang. Kalau perlu, kombinasikan dengan perangkat penghasil listrik yang lebih mumpuni, seperti generator dinamo hub atau teknologi solar.

Ini bakal bermanfaat ketika melewati jalur panjang di wilayah terpencil, di mana pegowes sulit menemukan fasilitas umum dan pemukiman penduduk. Dalam kondisi menyala, kemampuan penunjuk arah, data peta, dan rute dari GPS Navigasi selalu bisa diandalkan, bahkan di tengah medan terisolir sekalipun.

Dan sekarang, kamu sudah siap blusukan kemana saja. GPS akan menolongmu dalam menentukan arah dan tujuan bersepeda. Selamat menggowes, dan taklukkan dunia dengan bantuan GPS sepeda.

Previous Panduan Cerdas Membeli Sepeda Bekas

About author

You might also like

How To 0 Comments

Panduan Memilih Sepeda Secara Lengkap, Tepat, dan Akurat

Kebanyakan artikel tentang panduan memilih sepeda selalu membahas soal ukuran dan jenis sepeda. Namun kali ini Avelio ingin menyajikan yang sedikit berbeda. Kami akan menggunakan pendekatan baru tanpa mengesampingkan faktor-faktor

Mengenal Inovasi Terbaru, Avelio Elbow Protection

Bersepeda dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga ekstrem. Tentu saja, bersepeda identik dengan kecepatan, rintangan sulit, tensi tinggi, berikut segala risiko bahaya yang mengikutinya. Kemungkinan terjadinya kecelakaan cukup besar, peluang

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Lampu Sepeda Dari Masa Ke Masa

Generasi awal lampu sepeda akhir abad ke 18 kala itu memanfaatkan tenaga minyak paus, kemudian minyak tanah menjadikan awal dari sejarah lampu sepeda. Pada tahun 1897 senyawa gas asetilena menggantikan

Diskusikan