Harga Sepeda Trek Paling Recommended 2020

Harga Sepeda Trek Paling Recommended 2020

Trek, tak bisa dimungkiri merupakan salah satu merek sepeda terpopuler di seluruh dunia. Pabrikan satu ini memang khusus memproduksi sepeda high-end berkualitas terbaik, baik dalam segi material komponen maupun ketelitian pengerjaannya. Telah berkiprah selama sekitar 40 tahun, kini Trek menghadirkan banyak pilihan unit dalam berbagai tipe. Mulai sepeda anak hingga tunggangan untuk para atlet sepeda.

Sejarah Sepeda Trek

Bermula pada akhir tahun 1975, ketika dua orang pemuda bernama Dick Burke dan Bevil Hogg, memutuskan untuk membangun bisnis bersama. Bidang yang mereka minati adalah sepeda. Tak heran mengingat mereka adalah warga Waterloo, Wisconsin, AS.

Warga Waterloo punya tradisi unik berkaitan dengan sepeda. Yaitu balap sepeda di atas trek berlumpur yang telah berlangsung kira-kira sejak 1890-an. Bukan hanya soal balapan, tetapi momen itu juga menjadi ajang kumpul-kumpul sekaligus bergembira bersama. Saat ini markas besar Trek menempati lahan yang berada di seberang sirkuit lumpur tersebut.

Diskusi mereka berlangsung di Pine Knoll. Sebuah bar di mana penduduk setempat menghabiskan malam-malam di musim dingin untuk bercengkerama dan menghangatkan diri. Sambil mengisi waktu dengan diskusi atau saling berkeluh kesah tentang hari-hari mereka. Singkat cerita, keduanya memutuskan pilihan nama Trek untuk menggambarkan perjalanan dan petualangan yang menjadi minat mereka. Nyatanya, nama itupun memberikan kesan lebih segar, jelas, serta mudah diingat.

Belum genap setahun berikutnya, bermodalkan sebuah gudang, seperangkat alat rakitan, plus bantuan dari lima orang karyawan pertama, Burke dan Hogg berhasil memproduksi sepeda berbahan steel pertama mereka. Dengan keterampilan tangan, keduanya merakit tabung-tabung baja, memberikan lapisan perak, hingga membubuhkan cat pada permukaannya secara hati-hati. Begitu teliti hingga layak disandingkan dengan sepeda bikinan Eropoa yang kala itu masih menjadi primadona sepeda berkualitas tinggi.

Pada tahun pertamanya, Trek sukses membuat 904 unit frame sepeda touring. Sekitar sepuluh tahun kemudian, Trek mengalihkan konsentrasinya pada produksi frame berbahan karbon. Inovasi terus berjalan sampai sekarang, tetapi proses produksi masih menerapkan prinsip yang sama seperti sejak awal. Yakni menggunakan keterampilan tangan dan ketelitian tingkat tinggi.

Kini kapasitas produksi telah jauh meningkat berkali-kali lipat. Minimal ada 10.000 unit sepeda Trek diproduksi setiap tahunnya. Belum lagi dengan pabrikan Trek lain yang tersebar di beberapa negara, seperti China salah satunya.

Trek pun menjelma menjadi salah satu merek besar yang diperhitungkan. Namanya begitu tenar, terutama untuk nomor-nomor sepeda balap. Memiliki tim balap sepeda sendiri, yaitu Trek-Segafredo yang berkompetisi di ajang Tour de France. Bahkan sempat menggandeng Lance Armstrong, legenda sepeda kontroversial sebagai ikon mereka.

Harga Sepeda Trek 2020

Jika kamu sempat melihat situs resminya, Trek sampai saat ini telah memiliki puluhan model sepeda. Salah satunya Madone yang dicap sebagai rajanya sepeda balap. Pabrikan sepeda wanita terbaik ini juga membawahi merek-merek lain, di antaranya Electra untuk sepeda kasual dan Bontrager yang khusus menggeluti aksesoris gowes.

Nah, kali ini ada rekomendasi beberapa model sepeda Trek buat kalian. Apa saja? Bagaimana spek dan berapa harganya? Baca terus uraian berikut.

Road Bike

Sepeda Trek tipe road bike rata-rata menggunakan bahan carbon untuk seri tertinggi, dan aluminium untuk seri pemula. Bobotnya ringan dengan desain aerodinamis demi memudahkan pegowes mencapai kecepatan yang diinginkan.

 

https://trek.scene7.com/is/image/TrekBicycleProducts/Domane_FamilyPage_Checker_1-1?$responsive-pjpg$&wid=1440&hei=1080&fit=fit,1

Domane

Ada seri Domane untuk nomor sepeda balap atau roadbike. Seri Domane begitu laris dan populer lewat teknologi IsoSpeed Decoupler dalam pembuatan rangkanya. Teknologi ini mengurangi getaran pada headset dan seat tube untuk menjaga kenyamanan pegowes.

Trek Domane terbagi menjadi sekitar 20-an varian, baik untuk pemula maupun pegowes pro, pria dan wanita. Ada pula varian sepeda listrik, seperti pada Domane+ LT dan Domane+ HP.  . Varian-varian kelas entry-level menggunakan rem cakram, selebihnya memakai sport V-brakes.  Sementara komponen pendukung geraknya merupakan kombinasi besutan SRAM dan Shimano. Kisaran harganya antara $800 sampai $12.000.

Pilihan varian:

Emonda

Sepeda balap high-end dengan desain khusus untuk menunjang kecepatan. Rata-rata frame-nya terbuat dari carbon berbobot ringan, bahkan paling enteng dari seluruh jajaran sepeda produksi Trek. Namun Trek juga sengaja memasukkan unsur aluminium guna memenuhi kebutuhan konsumen berbujet rendah. Adapun rangka aluminium tersemat pada varian ALR yang dibanderol mulai $1.500. Sementara varian termahal harganya mencapai $12.000.

Desain Emonda mengutamakan efisiensi tenaga, terutama saat pegowes melewati jalur tanjakan. Dilengkapi ban selebar 28mm dan rem cakram, plus model rangka unisex, cocok buat semua jenis pegowes.

Pilihan varian:

 

 

Speed Concept

Trek mengklaim seri satu ini adalah sepeda balap tercepat dan paling ringan sedunia. Mungkin saja benar, karena sepeda ini memang dibuat untuk para atlet triathlon yang harus menjaga performa tenaganya dalam waktu panjang.

Hanya tersedia satu varian dalam seri ini, rangkanya berbahan carbon dengan desain aero, demikian pula roda-rodanya. Komponen pendukungnya menggunakan milik Bontrager, anak perusahaan Trek yang khusus memproduksi aksesoris dan apparel sepeda. Sedang drivetrain berikut segala pernak perniknya merupakan besutan Shimano Ultegra.

Sepeda balap 11-speed ini dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan pegowes. Trek menghadirkan program Project One untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Sehingga kamu bisa memiliki Trek Speed Concept yang benar-benar unik sesuai postur tubuhmu sendiri. Soal harga, situs resmi Trek mencantumkan kisaran angka 4 ribu dollar AS.

Pilihan varian:

 

MTB

Tak diragukan lagi bahwa Trek berada dalam jajaran top produsen sepeda dunia. Produk-produknya selalu unik dan dibekali fitur berkualitas. Terlebih lagi  untuk kategori MTB yang memang paling banyak diminati para pegowes di seluruh dunia. Dan Trek menghadirkan beberapa varian sepeda MTB bermutu tinggi di semua serinya.

 

https://trek.scene7.com/is/image/TrekBicycleProducts/gallery_4x3_Marlin_FP_Womens-3?$responsive-pjpg$&cache=on,on&wid=768&hei=576&fit=fit,1

Marlin

Salah satu MTB Trek terpopuler adalah Marlin. Unggul dari segi fleksibilitas, daya tahan, serta mampu melibas berbagai jenis medan. Fleksibel karena memiliki tujuh pilihan frame untuk postur tubuh pegowes yang berbeda-beda. Daya tahannya tinggi karena memakai rangka silver aluminium dengan instalasi kabel internal. MTB hardtail satu ini pun cocok dipakai penggemar XC, trek terjal, atau bersepeda santai di jalur perkotaan.

Varian-varian yang tersedia, antara lain Marlin 4, Marlin 5, Marlin 6, dan Marlin 7. Para pegowes cewek bisa memilih antara Marlin 5 atau 6 Women’s, tergantung ukuran yang diinginkan. Sementara untuk harganya, Trek membanderol seri Marlin ini di kisaran $500 sampai $850 atau sekitar Rp7,5 – 12,5 juta-an.

Pilihan varian:

 

Roscoe

Seperti halnya Marlin, Roscoe merupakan sepeda MTB hardtail yang memiliki berbagai pilihan varian untuk pria dan wanita, juga pegowes anak-anak. Seri satu ini berada di kelas mid-range dengan banderol antara Rp14 – Rp30 juta-an.

Hardtail 27,5 inci bertapak lebar, cocok untuk digowes di jalur terjal. Memberikan stabilitas maksimal pada medan berbatu besar, kerikil, atau lumpur sekalipun. Komponennya terbilang simpel karena hanya menggunakan sebilah cakram gir depan dengan pilihan speed pada sprocket belakang. Suspensi tinggi plus geometri rangka dibuat sedemikian rupa demi mempermudah  kontrol. Serta dukungan dari rem cakram hidrolis untuk meningkatkan keamanan.

Pilihan varian:

Farley

Satu lagi pilihan sepeda hardtail penakluk medan berat. Adalah Trek Farley yang juga merupakan varian mid-range, tetapi masih di atas Roscoe dengan dua pilihan jenis frame, yaitu platinum aluminium dan karbon. Platinum aluminium adalah material terbaik yang dipakai Trek dalam pembuatan rangka sepeda berbanderol murah. Meski lebih terjangkau daripada karbon, keunggulan frame ini terletak pada fleksibilitas dan ketahanannya.

Farley adalah varian MTB 27,5 dengan ban gemuk. Pilihan tepat buat penggemar trek-trek berbatu, berpasir lembut,  lumpur, bahkan  jalur salju licin sekalipun. Trek hanya menyediakan tiga varian untuk seri Farley ini. Masing-masing dibedakan menurut material frame, komponen drivetrain berikut fitur percepatannya. Varian tertinggi adalah Farley 9.6 seharga $3.300, sedang yang paling rendah Farley 5 dibanderol $1.800.

Pilihan varian:

 

Supercaliber

Salah satu sepeda cross country terbaik. Unit satu ini merupakan andalan para pembalap cross country professional tingkat internasional. Dilengkapi berbagai fitur unggulan guna memaksimalkan kontrol sekaligus kecepatan. MTB softtail dengan suspensi depan belakang, memakai rangka karbon yang ringan tetapi begitu kuat, serta komponen papan atas. Apalagi desainnya begitu elegan sekaligus menarik perhatian.

Maka tak heran jika Supercaliber dikategorikan sebagai sepeda high-end. Hanya saja kamu harus menyiapkan bujet lebih banyak jika ingin memilikinya. Banderol termurahnya sekitar $4.800 atau Rp70 juta-an, sementara varian tertinggi bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Pilihan varian:

Fuel EX

Sepeda MTB rekomendasi terakhir adalah Trek Fuel yang terdiri dari 12 varian. Sama-sama memiliki suspensi depan belakang, tetapi desainnya berbeda dengan Supercaliber. Trek Fuel hampir seperti MTB softtail pada umumnya, di mana suspensi belakangnya terletak pada seat tube. Sementara suspensi depannya berukuran cukup tinggi untuk meredam getaran hebat.

Trek Fuel pada umumnya merupakan MTB ukuran 29, tetapi beberapa varian malah menggunakan ban 27,5 sebagai pilihan lain buat pegowes. Dari ke-12 varian yang tersedia, empat di antaranya memiliki frame light alloy kualitas tinggi. Sedang delapan sisanya berbobot lebih ringan karena berbahan karbon. Tentu saja Fuel dengan Frame karbon dibanderol lebih mahal, yakni $4.300 sampai $8.500. Sementara Fuel varian alloy hanya seharga $2.000 hingga $3.500-an.

Pilihan varian:

Hybrid dan Komuter

Tak cuma menawarkan unit-unit sepeda balap ataupun MTB, Trek masih punya jajaran produk lain dalam berbagai model untuk keperluan yang juga bermacam-macam. Nah, pilihan berikut sesuai bagi mereka yang tidak memiliki aktivitas bersepeda spesifik tetapi gemar menggowes kemana-mana.

https://matawanbikeshop.com/wp-content/uploads/2019/03/1607E_Electra_LA_Desert-_90A0613.jpg

Checkpoint

Berbodi ramping dengan stang drop khas sepeda balap, Trek Checkpoint sebenarnya didesain untuk kebutuhan gravel. Namun mengingat tak semua pegowes hanya ingin menjajal jalur berkerikil, Trek juga sengaja membuat seri Checkpoint agar lebih fleksibel. Sehingga bisa dipakai dalam agenda gowes harian, baik bersepeda santai maupun alat transportasi utama untuk beraktivitas.

Geometri rangka Checkpoint didesain sebaik mungkin agar pengendara tak cepat lelah. Masing-masing dilengkapi fitur IsoSpeed yang memberikan kenyamanan, terutama saat menggowes jarak jauh. Tersedia enam varian untuk dipilih, dua di antaranya menggunakan frame karbon dan sisanya aluminium. Sementara gearset-nya merupakan besutan Shimano dengan pilihan 10-speed sampai 11-speed. Harga jual menurut situs resmi Trek berkisar di angka $1.500 hingga $6.000.

Pilihan varian:

FX

Seri yang satu ini memang khusus sepeda komuter. Cocok buat pegowes santai akhir pekan, alat transportasi, atau olahraga sehari-hari. Berada di kelas entry-level dengan banderol mulai Rp7 juta-an untuk varian termurah. Jika ingin Trek FX spesifikasi tertinggi, kamu harus menyiapkan bujet empat kali lipat jumlahnya.

Desainnya ala sepeda MTB, memakai stang flat, ban bertapak lebar ukuran 700cc, rem cakram, serta dua opsi jenis rangka. Tentu saja rangka aluminium untuk varian harga terjangkau, sedang varian tertinggi memakai material karbon. Rentang varian Trek FX pun bermacam-macam, sedikitnya ada 16 model yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Pilihan varian:

Dual Sport

Masih di ranah sepeda hybrid, ada satu pilihan lagi, yaitu Trek Dual Sport. Seri kedua yang memang khusus dibuat untuk berbagai kebutuhan menggowes. Mulai aspal mulus, jalur berkerikil dan berbatu, sampai ketidakpastian jalan pegunungan, Dual Sport diklaim sanggup mengatasi semuanya.

Rangka Dual Sport berdesain aerodinamis khas Trek. Dilengkapi garpu depan yang memiliki shockbreaker guna meredam berbagai jenis guncangan. Juga rem cakram berbahan antikarat yang akan tetap berfungsi maksimal meski sedang terguyur hujan.

Seperti halnya varian FX, Dual Sport juga dihadirkan untuk semua gender, baik pegowes baru atau mereka yang serius ingin meningkatkan kualitas hidup dengan bersepeda. Setidaknya ada tujuh varian yang bisa kamu pilih dalam seri ini, harganya berkisar antara $569 sampai $1.160.

Pilihan Varian:

Loft

Sepeda urban bergaya vintage dengan fitur-fitur modern. Desain rangkanya sekilas hampir mirip sepeda Phoenix jadul. Apalagi dengan spatbor yang menutupi nyaris setengah lingkar rodanya. Tapi di balik itu semua, Trek Loft yang vintage ini menyembunyikan berbagai fitur masa kini. Mulai dari frame aluminium berdesain ramping yang dikombinasikan dengan garpu baja ringan. Gearset besutan Shimano tipe Deore atau Tourney 7-speed. Tanpa adanya rem cakram, sepeda urban satu ini dibanderol seharga $540 – $630. Tersedia empat varian, kode Step-over untuk pria dan Step-through untuk wanita.

Pilihan varian:

Trek Tipe Lainnya

Trek telah berkiprah selama hampir setengah abad. Dari pabrikan lokal bertenaga lima orang karyawan, menjelma menjadi produk sepeda yang diperhitungkan di skala internasional. Meski populer lewat roadbike dan MTB-nya, Trek juga masih memiliki jajaran produk di segmen lainnya. Termasuk sepeda touring, sepeda anak, sepeda listrik, dan lain sebagainya. Sebagai informasi tambahan, berikut beberapa rekomendasi sepeda Trek di segmen lainnya.

https://trek.scene7.com/is/image/TrekBicycleProducts/520_Checkerboard_highlights_4x3_2?$responsive-pjpg$&cache=on,on&wid=768&hei=576&fit=fit,1

Touring

Trek memiliki empat seri sepeda touring, semuanya memakai nama berupa angka, yaitu 520, 820, 920, dan 1120.

  • Trek 520

Merupakan seri tertua yang masih laris sampai sekarang. Sepeda touring tangguh bergaya klasik dengan frame baja ringan. Dilengkapi berbagai aksesoris rak untuk menampung perbekalan pegowes jarak jauh yang ingin melalui perjalanan berhari-hari. Banderol resminya mencapai $1.679.

  • Trek 820

Sepeda gunung khusus perjalanan panjang dan menantang. Trek 820 cocok untuk pemula karena harganya lebih terjangkau, sekitar Rp6 juta-an. Masih dengan rangka baja, dilengkapi suspensi depan, serta drivetrain 21 percepatan. Tak cuma mantap saat dipakai touring, tetapi juga cocok  untuk penggunaan sehari-hari.

  • Trek 920

Seri penyempurnaan dari 520, Trek 920 memakai material aluminium. Kekuatannya setara dengan frame baja milik 520, tetapi jauh lebih ringan. Dilengkapi stang drop untuk pilihan posisi menggowes yang berbeda. Otomatis banderolnya juga lebih tinggi, yakni sekitar $2.000.

  • Trek 1120

Kalau yang satu ini adalah sepeda touring Trek paling modern. Desain ala MTB hardtail, material platinum aluminium, ban 29inci, Shimano SLX 12-speed, stang flat, serta berbagai komponen milik Bontrager. Termasuk rak untuk tas perbekalan dan botol tumbler. Apalagi memiliki geometri modern yang memaksimalkan kenyamanan menggowes jarak jauh di segala medan. Harga Trek 1120 di situs resminya tercatat di angka $2.700 atau sekitar Rp40 juta-an.

Sepeda Listrik

Telah disebutkan sebelumnya bahwa seri Domane juga tersedia dalam varian sepeda listrik, yaitu Domane+ LT dan Domane+ HP. Selain dua varian tersebut, Trek juga memproduksi seri-seri khusus sepeda listrik. Di antaranya seri Allant+ dan Verve+ di segmen urban komuter, serta Powerfly dan Rail di segmen MTB. Bekerja sama dengan Bosch sebagai pembuat motor, sepeda listrik Trek menjadi pilihan yang juga patut untuk dicermati.

Sepeda Anak

Sepeda anak Trek juga tersedia dalam banyak varian untuk berbagai rentang umur dan gender. Ada seri Precaliber yang memiliki varian-varian perkenalan dan tingkat lanjut. Pushbike, balance bike, dan tipe-tipe lanjutan dengan desain model BMX, komuter, sampai MTB berfitur lengkap. Juga Trek Wahoo untuk anak ABG sampai remaja dengan hybrid ukuran 24 dan 26. Selain itu, seri-seri semacam Roscoe dan Townie juga menyediakan varian sepeda anak.

Itulah ulasan mengenai harga sepeda Trek tahun 2020 paling direkomendasikan dari semua segmen. Sengaja, kami tidak menyebutkan semua varian sepeda Trek karena saking banyaknya tipe yang tersedia. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian, terutama yang punya rencana membeli sepeda dalam waktu dekat.

Previous Sepeda Thrill
Next 11 Rekomendasi Merek Sepatu Sepeda untuk Tingkatkan Performa Gowes

About author

You might also like

FEATURED 0 Comments

Most Q&A Tentang Ukuran Sepeda!

  Soal memilih ukuran sepeda, banyak orang masih kebingungan. Sudah terlanjur beli karena modelnya cocok, ternyata kurang nyaman saat digowes dalam waktu lama. Cari informasi di sana-sini, tetapi masih juga

Ingin merakit sepeda sendiri? Ini Dia Komponen Sepeda Gunung!

Sepeda gunung, seperti jenis sepeda lainnya, terdiri dari beberapa komponen yang dirangkai sedemikian rupa untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi pengendaranya.  Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing. Nah, jika kamu masih

Aturan Dasar Memilih Ukuran Sepeda Gunung yang Pas Buatmu

Saat berada di toko sepeda, kamu pasti akan mendapatkan pilihan ukuran sepeda gunung yang bermacam-macam. Umumnya terbagi menjadi tiga, S, M, dan L, dengan kisaran panjangnya masing-masing. Sepeda gunung, seperti

Diskusikan