10 Aplikasi Bersepeda yang Canggih, Trendi, dan Pastinya Gratis

10 Aplikasi Bersepeda yang Canggih, Trendi, dan Pastinya Gratis

Bersepeda makin menyenangkan dengan dukungan teknologi yang makin canggih. Pegowes bisa menemukan berbagai aplikasi menarik untuk dipakai saat bersepeda. Coba cek Playstore atau App Store kalian. Ketik kata kunci “cycling”,  dan akan muncul daftar aplikasi yang cocok dengan hobi kalian. Kalau bingung memilih mana yang paling oke, Avelio bakal ngasih rekomendasi buat kalian. Silakan disimak satu per satu 10 aplikasi bersepeda gratis yang Canggih dan Trendi.

1. Google Maps


Christoper Colombus waktu menjelajah samudera sampai menemukan Benua Amerika saja butuh bantuan navigasi. Pegowes pun sama, pasti memerlukan petunjuk arah untuk jalur-jalur yang masih belum dikenali.  Apalagi mereka yang suka touring jarak jauh, pasti akan banyak bergantung pada navigasi.

Untuk fungsi yang satu ini, Sobat Avelio masih bisa mengandalkan Google Maps. Google Map tersedia sebagai aplikasi bawaan smartphone, terutama Android. Database Google Map mencakup area di seluruh dunia, bahkan sampai menjangkau lokasi-lokasi terpencil. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mencari dan menandai lokasi, melihat peta, atau panduan arah.

Sayangnya Google Maps juga punya kelemahan. Aplikasi ini dapat berfungsi maksimal, tergantung koneksi internet yang kalian dapatkan. Kalau sinyal sedang kacau, bisa jadi data yang disajikan kurang akurat. Dan masalahnya, sering kali petunjuk arah baru menjadi penting ketika kalian berada di wilayah yang miskin jaringan.

 

2. ME

Sebagai pendukung Google Map, kamu bisa mencoba mengunduh aplikasi lain, yaitu Maps.me. Ini aplikasi sejenis Google Map, tetapi bedanya bisa dipakai tanpa koneksi internet. Maps.me menyediakan peta-peta lengkap yang bisa diunduh secara gratis, jadi kamu hanya perlu meluangkan sedikit ruang memori smartphone.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mencari lokasi, menetapkan rute perjalanan, mendapatkan bantuan navigasi, berikut perkiraan durasi perjalanan menggowes sesuai rute yang sudah ditentukan. Semuanya bisa kamu lakukan secara offline.

 

3. Windy & Rain Alarm

Aplikasi Bersepeda Gratis CuacaWindy adalah aplikasi prediksi cuaca yang banyak direkomendasikan. Fiturnya cukup lengkap, mulai dari yang paling dasar, seperti mengukur suhu udara. Windy memungkinkan kalian mengetahui arah dan kecepatan angin, serta memprediksi hujan.

Bila perlu, kalian juga bisa mengakses informasi tentang tekanan udara, jumlah volume awan, gelombang lautan, dan sebagainya. Saking lengkapnya, aplikasi ini banyak diandalkan oleh banyak kalangan. Termasuk tim SAR, pilot, nelayan, sampai instansi pemerintah dan militer.

Untuk fungsi yang lebih sederhana, Rain Alarm bisa menjadi alternatif yang tepat. Fitur utamanya adalah memperingatkan jika ada hujan yang sedang mendekat ke arah kalian. Jarak jangkauannya mencapai 75km dari lokasi kalian. Jadi kalian harus menyalakan GPS supaya lokasi terdeteksi akurat.

 

4. Battery Saver

Sebenarnya Windy dan Rain Alarm bukanlah aplikasi yang boros baterai. Tapi karena keduanya memanfaatkan GPS, maka tetap saja baterai smartphone bakal cepat habis karena GPS membutuhkan daya cukup besar.
Nah, kalian bisa mengakalinya dengan meng-install aplikasi battery saver atau penghemat daya baterai. Ada beberapa aplikasi yang banyak direkomendasikan. Di antaranya DU Battery Saver, Battery Doctor, dan Go Battery Saver untuk pengguna Android. Sementara buat iPhone mania, kalian bisa mengaktifkan mode hemat daya atau mematikan sejumlah proses tertentu biar bateraimu tidak boros.

 

5. Strava

Aplikasi Bersepeda Gratis organizerKalau kalian termasuk pegowes yang suka dengan hal-hal terorganisir, Strava bisa menjadi pilihan menarik. Ini adalah aplikasi perencana rute bersepeda yang dapat diatur menjadi beberapa checkpoint.

Strava bisa kalian pakai untuk merekam perjalanan sejak awal hingga finis. Lalu kalian akan memperoleh catatan performa selama perjalanan. Mulai dari rekor waktu, jarak tempuh, sampai perubahan kecepatan yang terjadi. Dan catatan performa ini bisa dibagikan di media sosial biar kalian makin bersemangat.

6. MapMyRun

Mirip dengan Strava, MapMyRun juga merupakan aplikasi bersepeda gratis untuk mengorganisasi perjalanan bersepeda Sobat Avelio. Fitur-fiturnya pun relatif sama, baik dalam hal merencanakan rute maupun mencatat hasil performa bersepeda. Versi premium dari MapMyRun bahkan menyajikan data-data yang jauh lebih rinci lagi.

Aplikasi semacam MapMyRun dan Strava akan menjadi lebih menyenangkan jika digunakan oleh semua anggota grup bersepeda kalian. Kalian bisa membandingkan performa satu pegowes dengan yang lain. Berlomba untuk mencatat rekor agar makin antusias saat menggowes bersama-sama.

 

7. Bike Gear Calculator

Pegowes harus tahu betul kondisi tunggangannya. Wawasan teknis perlu dipelajari dari media apapun yang tersedia. Salah satunya dengan aplikasi Bike Gear Calculator, yang memberikan pengetahuan instan tentang kombinasi komponen sepeda terbaik sesuai kenyamanan pegowesnya.

Jika gowesanmu terasa berat atau kurang nyaman, aplikasi ini dapat membantu mencari kombinasi rasio gigi yang tepat untuk sepedamu dengan perhitungan khusus. Kalian hanya perlu memasukkan angka-angka di kolom yang tersedia. Yaitu ukuran ban, panjang crank, dan perkiraan irama mengayuh yang biasa kalian jalani. Langsung unduh saja sendiri untuk mencobanya.

 

8. Cycling Weekly App

Hasil gambar untuk Cycling Weekly AppJika menginginkan wawasan yang lebih mendalam tentang bersepeda, majalah Cycling Weekly telah menyediakan kontennya dalam versi digital. Seperti diketahui, Cycling Weekly dikatakan sebagai majalah bersepeda pertama di dunia yang masih bertahan sampai sekarang. Informasi yang disajikan begitu lengkap, mulai dasar-dasar bersepeda sampai teknis yang njelimet sekalipun. Event bersepeda dunia pun menjadi salah satu sajian menarik yang bisa kalian simak agar terus up to date.

 

 

9. Relive

Media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, memang begitu populer di kalangan umum. Pasti kalian punya akun di masing-masing platform tersebut. Memang menyenangkan bisa membagi keseruan bersepeda kepada teman-teman dan keluarga.

Nah, biar konten media sosial kalian semakin oke, cobalah aplikasi bersepeda gratis Relive. Ini adalah aplikasi untuk merekam aktivitas bersepeda. Kalau biasanya kalian cuma bisa mengambil foto atau video, Relive melakukan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Yaitu merekam aktivitas perjalanan menggowes kalian, lalu menjadikannya dalam bentuk video animasi 3D. Pasti keren, tuh!

 

10. Aplikasi Bersepeda Gratis Lainnya

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak aplikasi bersepeda yang bisa Sobat Avelio gunakan. Tapi tentunya, kalian harus tetap memperhatikan penggunaan memori smartphone. Karena kalau terlalu banyak aplikasi, bisa-bisa performanya jadi lemot.

Untuk yang terakhir ini, ada sejumlah rekomendasi aplikasi alternatif lainnya. Pertama adalah First Aid Cyclist yang merupakan aplikasi berisi info tentang metode bantuan P3K saat terjadi kecelakaan. Lalu Sleep Cycle untuk membantu kalian membuat jadwal istirahat yang cocok sebelum bersepeda.

Ada pula Zwift, aplikasi latihan yang tersaji dalam bentuk permainan seru. Juga Fill That Hole, yaitu aplikasi untuk mencatat lokasi-lokasi jalan berlubang dan memperingatkan pengendara lain. Atau Endur8 yang menyajikan panduan pola makan dan nutrisi yang baik bagi pesepeda.

 

Tetap Aman Bersepeda

Bagaimana? Menarik, bukan? Silakan unduh dan install aplikasi-aplikasi tersebut di smartphone kalian. Tapi satu hal perlu diingat. Jangan sekali-kali menggunakan smartphone saat bersepeda. Kalian bisa kehilangan fokus ke jalanan, sehingga akibatnya akan sangat berbahaya. Itu kebiasaan buruk yang seyogyanya dihindari kalau Anda tak ingin celaka.

Sebaiknya hanya gunakan smartphone saat Anda sedang berhenti. Kalaupun terpaksa, pastikan menepi terlebih dulu, baru membuka smartphone. Atau jika tak ingin jauh-jauh dari smarpthone, Anda bisa memasang holder di handlebar. Sebaiknya kenakan sarung tangan Avelio. Supaya kalian tak repot-repot melepas sarung tangan untuk bisa mengakses smartphone.

Previous Lampu Sepeda Dari Masa Ke Masa
Next Nekat Bersepeda Saat Hujan? Waspadai Risiko Ini!

About author

You might also like

Racing 0 Comments

Nekat Bersepeda Saat Hujan? Waspadai Risiko Ini!

Tidak bisa dimungkiri kalau pegowes umumnya cukup nekat. Selalu ada alasan untuk memulai petualangan dan menerjang tantangan. Bersepeda saat hujan adalah salah satu wahana terbaik buat kalian yang gemar memacu

Sportif & Bike Travel 0 Comments

Tour de Borobudur XVIII

Tanggal: 11-12 November 2018 Tempat : Borobudur, DIY CP : “Pendaftaran Kategori 100K dan 200K di Tutup Karena Kuota Peserta Sudah Terpenuhi”

Sportif & Bike Travel 0 Comments

7 Rekor Sepeda Dunia yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

Seberapa cepat kamu pernah bersepeda? Apakah kamu pernah mencatat waktu atau mengukur kecepatannya? Cara tersebut bisa menjadi motivasi tersendiri. Kamu bisa meningkatkan frekuensi latihan dengan membuat, mencatat, dan mematahkan rekor

Diskusikan