Cara Upgrade Speed Sepeda Bawaan Pabrik

Cara Upgrade Speed Sepeda Bawaan Pabrik

Ingin punya lebih banyak pilihan gear? Tentu saja kamu harus paham cara upgrade speed sepeda . Jika selama ini masih menggunakan gear set bawaan pabrik, kamu bisa melakukan upgrade sepeda ke 9 speed atau lebih. Tapi patut kamu ketahui bahwa ini membutuhkan biaya juga.

Oleh karena itu sebaiknya jangan terburu-buru. Tronjal-tronjol memang asyik, tetapi harus disertai perhitungan yang matang. Dengan begitu kamu bisa lebih menghemat pengeluaran untuk upgrade speed sepeda. Sementara itu, rajin-rajinlah menabung.

Sedikit bocoran, kamu bakal membutuhkan dana sekitar Rp 1 juta-an jika berencana upgrade sepeda ke 9 speed. Cukup mahal, bukan? Bahkan kamu bisa membeli sepeda baru hanya dengan menambahkan beberapa ratus ribu. Tapi pertanyaannya sekarang, bagaimana bisa semahal itu? Berikut ini kami akan mencoba merinci kisaran biaya yang diperlukan untuk meng-upgrade speed sepeda.

Kisaran Biaya Upgrade Speed Sepeda

Perlu diketahui bahwa upgrade speed sepeda tidak selesai dengan mengganti gear set saja. Ada sejumlah printilan lain yang juga perlu disesuaikan dengan speed yang kamu inginkan, di antaranya:

Sprocket

Nama lainnya cassette, groupset, atau gear belakang. Sprocket 9 speed memang lebih banyak dipakai para atlet balapan. Oleh karenanya, saat ini banyak pegowes meniru tren tersebut.

Tentu saja komponen ini wajib kamu miliki jika ingin meningkatkan pilihan speed sepeda. Kisaran harga sprocket 9 speed mulai dari Rp160.000,- sampai lebih dari Rp 1 juta-an di lapak-lapak online. Sprocket bermerek seperti Shimano dan Oxo umumnya dibanderol dengan harga murah, apalagi jika kondisinya bekas. Cara upgrade sepeda menggunakan sprocket ini wajib.

Tips: Perhatikan material pembuatannya, karena akan berpengaruh pada beban dan daya tahannya. Terdapat beberapa pelapak yang menjual paket hemat upgrade speed. Semua komponen lengkap dibanderol sekitar Rp 700 ribu-an. Ini cocok buat kamu yang minim bujet.

Rear Derailleur (RD)

Sepeda bawaan pabrik umumnya menggunakan perangkat drivetrain 7 speed. Hanya saja, tidak semua komponen RD-nya bisa kompatibel jika di-upgrade ke 9 speed. Harga Rear Derailleur di lapak online berkisar antara Rp160.000,- sampai Rp 1 juta ke atas. Untuk paket komponen high-end harganya di atas 2 juta rupiah.

Tips: Terdapat 3 jenis RD menurut panjang cage-nya. Untuk sepeda gunung dengan triple chainset disarankan memakai RD berukuran panjang atau medium. Sebaliknya, sepeda lipat yang umumnya dilengkapi ban berukuran kecil, juga roadbikes sebaiknya menggunakan RD cage lebih pendek dalam cara upgrade speed sepeda ini.

Periksalah terlebih dulu perangkat RD milikmu. Kalau selama ini ternyata sepeda menggunakan long atau medium RD, sepertinya kamu tak perlu menggantinya dengan yang baru.

Sepasang Shifter

Shifter berfungsi untuk mengoper gigi. Pemilihan shifter akan sangat tergantung pada groupset atau sprocket yang kamu pakai. Upgrade sepeda ke 9 speed akan memberikanmu rentang gear lebih banyak, jadi diperlukan sepasang shifter yang mampu menopang kebutuhan tersebut. Kamu bisa mendapatkannya hanya dengan mengeluarkan dana sekitar Rp100.000,-.

Tips: Barang murah harus diteliti kualitasnya. Sebaiknya kamu bisa memastikan shifter yang diinginkan benar-benar bermutu tinggi dan awet. Di antara berbagai jenis shifter yang beredar di pasaran, sesuaikan menurut kenyamanan pemakaiannya. Disarankan menggunakan merek yang sama dengan sprocket.

Free Hub

Freehub biasanya dijual sepasang, yakni untuk roda depan dan belakang. Sebagian besar produk freehub yang kompatibel dengan 9 speed dibanderol mulai di angka Rp 200 ribu-an.

Tips: Sesuaikan dengan ukuran frame jika ingin mengganti seluruh hubset. Kalau tidak, pastikan freehub body yang dibeli cocok dengan ukuran axle. Agar lebih aman, gunakan merek yang sama. Pilihan paling rasional adalah freehub berbahan aluminium alloy. Karena selain ringan, harganya pun masih terjangkau.

Rantai

Pastinya kamu juga akan membutuhkan rantai lebih panjang. Di pasaran, harga rantai untuk 9 speed berada di kisaran angka mulai dari Rp 100 ribu-an.

Tips: Gunakan merek yang sama dengan sprocket, atau pastikan produk yang dipilih memang betul-betul sesuai dengan tipe sprocket milikmu. Jika menginginkan bobot lebih ringan, pilih rantai dengan pin hollow dan slotted link. Tapi ingat, harganya juga cukup lumayan.

Tips Hemat Upgrade Sepeda ke 9 Speed

Sementara kamu mencari-cari komponen yang tepat, menabunglah sedikit demi sedikit. Dengan begitu nantinya kamu memperoleh cukup dana untuk membeli perangkat upgrade speed yang lebih layak dan berkualitas.

Kalau kamu sempat, carilah berbagai produk paket upgrade di lapak-lapak online. Harganya akan lebih hemat dibandingkan membeli komponen satu per satu. Di samping itu, kebanyakan pelapak menjual paket dari satu merek tertentu, sehingga meminimalisir salah pilih. Tapi sebelum membayarnya, terlebih dulu tanyakan kompatibilitas perangkat tersebut dengan sepeda milikmu.

Selanjutnya, kamu juga bisa meminta saran kepada teknisi bengkel atau rekan-rekan ahli sepeda jika ada teknis cara upgrade speed sepeda yang tidak dipahami. Tentunya mereka lebih tahu banyak soal bagaimana cara mengakali bujet minim untuk cara upgrade speed sepeda. Manfaatkan jasa mereka untuk memasang komponen-komponen yang diperlukan kalau kamu ragu melakukan instalasi sendiri.

Memang akan lebih hemat jika bisa memasangnya sendiri, tetapi sebaiknya hindari jika kamu tidak yakin. Pada kesempatan berikutnya, Avelio akan menyajikan tutorial melakukan upgrade speed sepeda, jadi tunggu saja.

Previous Masalah Rantai Sepeda Sering Lepas, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Next Bagaimana Cara Mengatasi Frame Sepeda Kebesaran Atau Kekecilan?

About author

You might also like

How To 0 Comments

Panduan Cerdas Membeli Sepeda Bekas

Suatu hari kamu ingin membeli sepeda. Setelah mengecek digit angka di rekening tabungan, ternyata kondisinya tak memungkinkan untuk menebus sepeda baru. Akhirnya kamu menjatuhkan pilihan pada sepeda bekas. Lalu bagaimana

How To 0 Comments

Tikungan Setajam Apapun Bukan Masalah Dengan Metode Ini !

Jalan tak selalu lurus, pesepeda akan selalu menemui tikungan tajam di jalur apa pun yang dilalui. Bahkan sebenarnya kondisi jalanan berliku ini memberikan tantangan tersendiri. Membuat aktivitas menggowes terasa jauh

Ngeri, Begini Akibat Fatal Bersepeda Tanpa Perlindungan

Bukan tanpa alasan bahwa bersepeda dikategorikan sebagai olahraga ekstrem. Risikonya tinggi, kecelakaan bisa menimpa siapa saja, termasuk aktivis riding seperti sobat Avelio. Juga kemungkinan mengalami cedera atau terluka parah, bahkan

Diskusikan